USULAN PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PROYEK PEMBUATAN 10 UNIT KENDARAAN TAKTIS MENGGUNAKAN PDM STUDI KASUS DI PT. PINDAD (PERSERO)

DHIA MALIKA REYHANANDAR, 133010077 and Arum Sari, DS and Putri Mety Zalynda, DS (2018) USULAN PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PROYEK PEMBUATAN 10 UNIT KENDARAAN TAKTIS MENGGUNAKAN PDM STUDI KASUS DI PT. PINDAD (PERSERO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Pindad (Persero) merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang produk militer dan komersil. Pada umumnya pembuatan produk-produk bersifat proyek karena permintaan produk memiliki batasan waktu sesuai kontrak proyek. PT. Pindad (Persero) memiliki divisi kendaraan khusus yang memproduksi kendaraan taktis seperti panser ANOA tipe armour personnel carrier (APC) 6x6, panser anoe tipe (APC) 4x4. Pada bulan Juni 2017 telah ditanda tangani pembuatan 10 kendaraan taktis panser ANOA tipe (APC) 6x6 batasnya pada bulan Desember 2017. Rencana yang sudah dilakukan oleh PT. Pindad (Persero) hanya dibuat dengan menetapkan batas akhir setiap aktivitias yang durasinya berdasarkan pengalaman sebelumnya. Bagaimana merencanakan proyek agar tepat selesai pada bulan Desember 2017 ? Perencanaan proyek akan dibuat menggunakan bagan balok, jaringan kerja (CPM) dan pengendalian dilakukan menggunakan kurva S. Hasil perencanaan proyek tidak terjadi keterlambat melainkan terjadi pembebanan sumbedaya manusia dan mesin (Overallocation). Upaya menghilangkan overallocation dilakukan dengan levelling di bantu aplikasi MS. Project. Leveling menggunakan slack menghasilkan proyek masih terdapat overallocation, leveling tanpa split dan split menghasilan overallocation sudah tidak ada tetapi waktu proyek berbeda. Waktu proyek untuk upaya leveling tanpa split sebesar 116 hari, dan leveling menggunakan split sebesar 118 hari. Biaya yang didapatkan daru kedua upaya tersebut sebesar Rp. 65.380.797,849. Hasil dari leveling yang digunakan menggunakan leveling tanpa split dikarenakan waktu proyek lebih cepat selesai. Kurvas S digunakan sebagai pengendalian, pengendalian yang dibuat yaitu pengendalian dasar yaitu planned value atau nilai perencanaan dari biaya proyek dengan waktu proyek. Kata Kunci : Perencanaan Proyek, Waktu Proyek, Leveling Total Kata : 235 Kata

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 30 Jan 2018 03:51
Last Modified: 30 Jan 2018 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32675

Actions (login required)

View Item View Item