PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGANTIAN PREVENTIF KWH METER PRABAYAR DI PT PLN (Persero) RAYON MANDE MENGGUNAKAN TOOLS BOX FUZZY MATLAB SYSTEM

HENDRI INDRA LESMANA, 103040267 and Ririn Dwi Agustin, DS and Ade Sukendar, DS (2018) PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGANTIAN PREVENTIF KWH METER PRABAYAR DI PT PLN (Persero) RAYON MANDE MENGGUNAKAN TOOLS BOX FUZZY MATLAB SYSTEM. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
123040011_abstrak_20171.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123040011_bab1_20171.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123040011_cover_dll_20171.pdf

Download (249kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PLN sedang gencar menawarkan layanan alternatif baru untuk Pelanggan, yaitu Listrik Prabayar dimana pemakaian listriknya dapat dikendalikan oleh konsumen itu sendiri. Dalam penggunaannya, dapat terjadi gangguan kWh meter prabayar yang berpotensi kerusakan diakibatkan oleh pengaruh eksternal maupun internal. Untuk meningkatkan kepercayaan Pelanggan terhadap layanan Listrik Prabayar maka salah satu nya adalah melakukan pemeliharaan secara preventif sehingga dapat mengantisipasi sebelum terjadi nya kerusakan pada kWh meter prabayar. Namun untuk pemeliharaan preventif yang dilakukan terbatas penyediaan material sehingga diperlukan pengefektifan proses penggantian kWh meter prabayar harus tepat sasaran untuk mengoptimalkan pemeliharaan tersebut. Maka dalam hal dibuat penelitian dengan judul Pengambilan keputusan penggantian preventif kWh meter prabayar di PT PLN (Persero) Rayon Mande menggunakan fuzzy toolbox matlab system. Penggunaan fuzzy logic pada pengambilan keputusan terdiri dari penentuan faktor-faktor yang relevan dan rule yang digunakan berdasarkan informasi dari Pakar. Kemudian dilakukan perancangan fuzzy system untuk menentukan variabel input dan output. Hasil dari perancangan fuzzy system diimplementasikan pada fuzzy toolbox matlab system untuk selanjutnya dilakukan pengolahan data pelanggan listik prabayar yang akan dilakukan pemeliharaan. Untuk menguji kesesuaian fuzzy logic yang dibuat maka dilakukan pembandingan terhadap hasil prioritas dari rule yang telah ditentukan oleh Pakar dengan hasil prioritas pada fuzzy toolbox matlab system yang telah dibuat. Dari sepuluh sampling yang diuji disimpulkan hasil akurasinya 80%. Kata Kunci : Listrik prabayar, Pendukung pengambilan keputusan, Fuzzy, Matlab.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 30 Jan 2018 03:14
Last Modified: 30 Jan 2018 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32663

Actions (login required)

View Item View Item