PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Santi Sri Wardhani, NPM. 138060116 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini mengkaji tentang, Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis dan perbedaan antara siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, ditinjau dari kategori kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematis (gender dan keseluruhan) serta hubungan kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods tipe embedded. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 32 Bandung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah dua kelas dari delapan kelas yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument tes kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi matematis, lembar observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rerata yaitu Anova dua jalur (kuantitatif) dan deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional dari kategori keseluruhan sedangkan untuk kategori gender dan Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa laki-laki yang menerapkan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) tidak lebih baik daripada siswa laki-laki yang menggunakan model pembelajaran konvesional. 2)Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional dari kategori keseluruhan sedangkan untuk kategori gender dan Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa laki-laki yang menerapkan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) tidak lebih baik daripada siswa laki-laki yang menggunakan model pembelajaran konvesional . 3) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi matematis Kata Kunci :Numbered Head Together (NHT), Kemampuan Pemahaman matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:47
Last Modified: 12 Apr 2016 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3266

Actions (login required)

View Item View Item