KAJIAN MIMETIK TERHADAP UNSUR PENOKOHAN DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA

DEDEN RIANESA PERLAMBANG, NPM : 158090043 (2018) KAJIAN MIMETIK TERHADAP UNSUR PENOKOHAN DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
ARTIKEL TESIS DEDEN.docx

Download (79kB)

Abstract

Rianesa Perlambang, Deden. 2018. “Kajian Mimetik terhadap Unsur Penokohan Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra”. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing: (I) Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd., (II)Dr. H. Kunkun Harnadi, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur penokohan pada novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi berdasarkan kajian mimetik. Hal ini dilakukan sebagai alternatif bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas VIII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Instrumennya peneliti itu sendiri dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil analisis teknik penggambaran penokohan dalam novel Negeri 5 Menara berdasarkan kajian mimetik. Data tersebut meliputi teknik cakapan, teknik tingkah laku, teknik pikiran dan perasaan, teknik reaksi tokoh lain, teknik reaksi tokoh, dan teknik pelukisan fisik berdasarkan kajian mimetik. Data selanjutnya diperoleh melalui wawancara dengan tiga orang narasumber yang berprofesi sebagai guru Bahasa Indonesia mengenai kelayakan modul bahan ajar yang penulis buat. Sumber data utama diperoleh dari novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Wawancara dilakukan kepada guru bahasa Indonesia di SMPN 5 Bandung. Data selanjutnya diperoleh melalui kajian Kurikulum 2013 dilihat dari Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, serta syarat pemilihan bahan ajar yang baik dilihat dari tuntutan kurikulum, aspek bahasa dan aspek psikologis siswa SMP kelas VIII. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan membaca dengan saksama dan teliti untuk memahami novel Negeri 5 Menara dan menemukan data yang telah ditetapkan dan diperlukan, mendeskripsikan kajian mimetik terhadap isi novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi, menganalisis kajian mimetik dan menganalisis penokohan dalam novel, membuat simpulan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, dan menyusun hasil kajian novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi. Hasil kajian terhadap unsur penokohan pada novel Negeri 5 Menara dilihat dari tuntutan kurikulum, aspek bahasa dan aspek psikologis, serta wawancara dengan narasumber diperoleh jawaban bahwa novel Negeri 5 Menara dikategorikan baik dan layak dijadikan alternatif bahan ajar sastra siswa SMP kelas VIII. Kata kunci: Kajian mimetik, unsur penokohan, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 29 Jan 2018 08:01
Last Modified: 29 Jan 2018 08:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32643

Actions (login required)

View Item View Item