MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS TENTANG KERAGAMAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SDN MEDALSIRNA 1 KECAMATAN PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

NIA NURJANAH, 105060270 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS TENTANG KERAGAMAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SDN MEDALSIRNA 1 KECAMATAN PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I(1).pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan rasa ingin tahu siswa di kelas IV pada tema Indahnya Kebersamaan sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan model pembelajaran media gambar . Penelitian tindakan kelas dilaksanak an di SDN Medalsirna 1 Padalarang . Penelitian ini dilatar belakangi dengan kondisi dimana kegiatan belajar mengajar berlangsung secara monoton dimana kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan tidak adanya model pembelajaran yang digunaka n. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran media gambar dapat meningkatkan rasa percaya diri dan rasa ingin tahu siswa. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh skor rata - rata 2,3 sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II memperoleh skor rata - rata 3,2 . Nilai aktivitas guru dalam pelak sanaan pembelajar an siklus I memperoleh skor rata - rata 2,46 . Sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata - rata 3,46 . Nilai aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata - rata 2,2 sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata - rata 3,4. Sementara pada h asil penilaian terhadap rasa percaya diri siswa pada siklus I memperoleh skor rata - rata 1,82 sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata - rata 3,16. Sementara hasil penilaian terhadap rasa ingin tahu siswa pada siklus I memperoleh skor rata - rata 1,94 seda ngkan pada siklus II memperoleh skor rata - rata 3,1. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran media gambar sangat menunjang terhadap peningkatan rasa percaya diri dan rasa ingin tahu siswa pada tema Indahnya Kebersamaan sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Model Pembelajaran media gambar , Rasa Percaya Diri dan Rasa Ingin Tahu Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:38
Last Modified: 12 Apr 2016 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3264

Actions (login required)

View Item View Item