PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi Kelas IV SDN Haurgeuliskolot Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu Tahun Ajaran 2017/2018)

Dini Danisri, 135060282 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi Kelas IV SDN Haurgeuliskolot Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 2.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB 4 PRA SIKLUS 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4 PRA SIKLUS 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4 PRA SIKLUS 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema sumber energi dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini dilatarbelakang i oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar evaluasi hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Pada hasil belajar peserta didik terdir i dari tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah afektif peserta didik yang mncakup sikap disiplin dan sikap tanggung jawab yaitu sikap disiplin yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 55% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 72% dengan kategori kurang dan siklus III sebesar 80% dengan kategori baik, kemudian sikap tanggung jawab yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 61% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 75%, dan siklus III sebesar 83%. Pada ranah kognitif, peserta didik yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 58% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 77% dengan kategori cukup dan siklus III sebesar 86% dengan kategori sangat baik. . Pada ranah psikomotor (keterampilan mengomunikasikan) peserta didik yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 61% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 77% dengan kategori kurang dan siklus III sebesar 83% dengan kategori baik. Salah satu kendala dalam penelitian ini yaitu penggunaan waktu yang kurang efisien dalam menyampaikan materi sehingga untuk mengatasinya hanya mengajukan beberapa pertanyaan untuk memperkuat materi dan memberikan informasi secara singkat. Dari peneltian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada subtema sumber energi kelas IV SD Negeri Haurgeuliskolot dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Hambatan, Upaya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Jan 2018 03:27
Last Modified: 27 Jan 2018 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32623

Actions (login required)

View Item View Item