Pengaruh Penggunaan Media Online Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kualitas Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018 (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Universitas Pasundan)

Dikdik Jaya Saputra, NPM : 148080011 (2018) Pengaruh Penggunaan Media Online Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kualitas Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018 (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Universitas Pasundan). Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
Artikel Dikdik-148080011.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul Pengaruh Penggunaan Media Online dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kualitas Pelayaan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018. Peneliti bermaksud ingin mengetahui pelaksanaan dan pengaruh penggunaan media online dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan penerimaan mahasiswa baru. Berdasarkan judul tersebut, peneliti mengkaji bahwa teori yang sesuai dengan media online dan komunikasi interpersonal yang bermediakan komputer adalah Social Information Processing Theory sebagai perspektif alternatif dalam memandang fenomena pengembangan hubungan dengan media komputer. Teori tersebut menjelaskan bagaimana komunikator bertemu melalui komunikasi berbasis teks komputer, mengembangkan kesan dan hubungan interpersonal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif meliputi analisis deskriptif bagi variabel yangbersifat kualitatif dan analisis kuantitatif untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistika. Analisis deskriptif digunakan untuk melihat faktor penyebab sedangkan analisis kuantitatif menitikberatkan dalam pengungkapan perilaku variabel penelitian. Melalui penggunaan kombinasi metode analisis tersebut dapat diperoleh generalisasi yang bersifat komprehensif.subjek penelitian adalah peserta tes ujian saringan masuk Universitas Pasundan Gelombang I, II, dan III, dengan populasi sebanyak 3.500, setelah dihitung didapat sampel sebanyak 1.200 peserta tes. Peneliti menggunakan metode probability sampling, dimana unsur dalam suatu populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) karena keinginan peneliti ingin memastikan apakah ada pengaruh media online dan komunikasi interpersonal terhadap penerimaan mahasiswa baru di Universitas Pasundan. Hasil dari penelitian menunjukan secara keseluruhan pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru menunjukan tingkat kepuasan yang tinggi dari segi kualitas pelayanan yang didapatkan oleh peserta Ujian Saringan Masuk, indikator dapat dilihat dari hasil uji statistik yang diperoleh menunjukan hasil yang baik, namun ada beberapa faktor seperti media yang digunakan terkadang tidak bisa mengakses website Unpas untuk pendaftaran, isyarat (bahasa tubuh/non verbal) tidak terlihat karena komunikasi menggunakan media telepon, namun meski sedikit hasil yang tidak memuaskan Universitas Pasundan harus tetap meningkatkan kualitas penerimaan mahasiswa baru.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 26 Jan 2018 08:03
Last Modified: 26 Jan 2018 08:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32622

Actions (login required)

View Item View Item