PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV B SDN 119 Cijagra Bandung)

NUR APRI INDRALIANI, 135060266 (2018) PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV B SDN 119 Cijagra Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER BERES.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BERES.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I BERES.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II BERES.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III BERES.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV BERES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
17. BAB V BERES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA BERES.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di kelas IV B SDN 119 Cijagra, yang menunjukkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh pendidik karena pendidik masih menggunakan metode ceramah sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di kelas IV B SDN 119 Cijagra. Oleh karena itu peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model inquiry learning. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti berupa penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk merefleksi dan memperbaiki proses pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 119 Cijagra dengan jumlah 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dengan menggunakan model inquiry learning pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh presentase 80%, siklus II 85% dan siklus III 92%. Selanjutnya data pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh persentase 82%, siklus II 85%, dan silklus III 90%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah afektif disiplin siklus I memperoleh persentase 58%, siklus II 84% dan siklus III 97%, ranah afektif tanggung jawab siklus I memperoleh persentase 58%, siklus II 70% dan siklus III 89%, ranah afektif peduli siklus I memperoleh persentase 58%, siklus II 82% dan siklus III 97%. Pada ranah kognitif siklus I memperoleh persentase 74%, siklus II 79% dan siklus III 92%. Ranah psikomotor memecahkan masalah siklus I 55%, siklus II 82% dan siklus III 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model inquiry learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku di kelas IV B SDN 119 Cijagra. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model inqury learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Inqury learning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Jan 2018 03:31
Last Modified: 26 Jan 2018 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32620

Actions (login required)

View Item View Item