PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG UDANG REBON (Panaeus monodon) DENGAN TEPUNG KACANG KORO PEDANG (Canavalia ensiformis) TERHADAP KARAKTERISTIK KERUPUK UDANG REBON (Panaeus monodon)

Fitria Rahayu, Alumni and Tantan Widiantara, DS and Hervelly, DS (2017) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG UDANG REBON (Panaeus monodon) DENGAN TEPUNG KACANG KORO PEDANG (Canavalia ensiformis) TERHADAP KARAKTERISTIK KERUPUK UDANG REBON (Panaeus monodon). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.docx

Download (21kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (26kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung udang rebon dengan tepung kacang koro terhadap karakteristik kerupuk udang rebon. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai hasil olahan laut yaitu udang rebon yang dapat dimanfaatkan menjadi produk olahan lain selain terasi yaitu kerupuk udang rebon yang ditambahkan dengan tepung kacang koro. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor dan empat kali ulangan. Faktor-faktor dalam penelitian ini adalah perbandingan tepung udang rebon dengan tepung kacang koro pedang (A) dengan 7 taraf perlakuan, yaitu 1: 0 (a1), 1: 1 (a2), 1: 2 (a3), 1: 3 (a4) , 2: 1 (a5), 3: 1 (a6), 3: 2 (a7). Respon fisik yang digunakan yaitu volume pengembangan, respon organoleptik untuk kerupuk mentah yaitu warna, sedangkan untuk kerupuk matang meliputi warna, rasa, aroma dan kerenyahan, dan respon kimia meliputi kadar air, HCN, kadar protein dan pati. Sampel terpilih pada kerupuk matang dilakukan analisis kadar air, pati dan protein. Hasil penelitian menunjukan perbandingan tepung udang rebon dengan tepung kacang koro berpengaruh terhadap respon kimia meliputi kadar air, protein dan pati sedangkan pada respon organoleptik berpengaruh terhadap atribut warna kerupuk mentah, warna, rasa, aroma, kerenyahan pada kerupuk matang serta berpengaruh terhadap volume pengembangan kerupuk matang. Hasil analisis sampel terpilih (tepung udang rebon dengan tepung kacang koro) adalah a3 dengan kadar air 3,81%, kadar protein 4,55% dan kadar pati 33,62%. Kata Kunci : Tepung Udang Rebon, Tepung Kacang Koro, Kerupuk

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:58
Last Modified: 25 Jan 2018 04:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32613

Actions (login required)

View Item View Item