STRATEGI OPTIMALISASI BUDAYA KERJA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PEGAWAI DI BANK MANDIRI COMMERCIAL BANKING CENTER BANDUNG

GILANG GUMILAR, NPM : 158020134 (2018) STRATEGI OPTIMALISASI BUDAYA KERJA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PEGAWAI DI BANK MANDIRI COMMERCIAL BANKING CENTER BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
Artikel Tesis an. Gilang Gumilar 158020134.doc

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji implementasi budaya kerja, loyalitas pegawai, faktor-faktor yang menjadi hambatan dan penyebab menurunnya loyalitas pegawai dan strategi optimalisasi budaya kerja di Bank Mandiri –Commercial Banking Center Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari situs internet dari lembaga/ institusi yang kredibel sedangkan data primer diperoleh dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan loyalitas pegawai mengalami trend penurunan, hal ini ditunjukkan dari tingkat kedisiplinan pegawai rendah, turn over pegawai tinggi dan kinerja yang menurun sehingga diperlukan strategi optimalisasi budaya kerja dalam upaya meningkatkan loyalitas pegawai di Bank Mandiri – Commercial Banking Center Bandung melalui tahap-tahap yaitu: (1) Memantapkan nilai-nilai dasar budaya organisasi; melalui peningkatan pemahaman nilai budaya organisasi TIPCE, (2) Melakukan pembinaan terhadap anggota organisasi; melalui peningkatkan peran pembinaan dan penegakkan punishment disiplin pegawai, (3) Memberikan contoh teladan; melalui memberikan keteladanan dengan mencontohkan sikap dan perilaku seorang banker’s, (4) Membuat acara-acara rutinitas; melalui pengaturan intensitas pelaksanaan kegiatan budaya kerja, (5) Memberikan penilaian dan penghargaan; melalui pemberian apresiasi kepada pegawai atas pencapaian kinerja secara rutin, (6) Tanggap terhadap masalah eksternal dan internal; melalui peningkatan sinergi dan kolaborasi dengan unit kerja lain dan peningkatan intensitas komunikasi antara pimpinan dan pegawai, dan (6) Koordinasi dan kontrol; melalui peningkatan fungsi monitoring dan evaluasi dan perubahan pola komunikasi. Kata Kunci : Kualitatif, Strategi Optimalisasi Budaya Kerja dan Loyalitas Pegawai

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 25 Jan 2018 02:57
Last Modified: 25 Jan 2018 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32593

Actions (login required)

View Item View Item