PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

DE W I SUSILAWATI, 125060973 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover DEWI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Dewi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I DEWI.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Penerapan Model Cooperative Learning Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ” . Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai proses pembelajaran dalam mata pelajaran Pengetahuan Sosial SD dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa efektifitas pembelajaran pengetahuan sosial. Tujuan yang ingin dicapai dari proses penelitain ini adalah untuk mengambil mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas IV dalam pemebelajaran pengetahuan social SDN Simpangan 01 Kabupaten Bekasi . Kemampuan kritis siswa tersebut dapat dilihat dari beberap a Indikator yang diterapkan dalam proses penelitian. Beberapa indicator antara lainproses belajar, partisipasi siswa fdan hasil belajar siswa baik berupa perolehan nilai maupun perubahan sikap siswa dalam hal kemampuan intelektual dan sikap social siswa. Untuk mencapai tujuan dan menjawab permasalahan sebagaimana disebutkan di atas, maka dilakukan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obeservasi da n hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang mengacu kepada pemanfaatan sumber dan media belajar yang dibantu oleh pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, maka kualitas pembelajaran Pengatahuan Sosial akan dirasakan lebih bermakna (m eaningful!) dan berkesan baik oleh guru maupun siswa yang akhirnya akan bermuara pada peningkatan kemampuan berfikir siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa adalah pendekatan inkuiri. Dan hasil penelitian tindakan kelas dalam variasi penerapan pendekatan inkuri untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran Pengetahuan Sosial IV SD Negeri Simpangan 01 Kabupaten Bekasi diperoleh hasil sebgai berikut : (1) Proses pembelaj aran dengan menggunakan inkuiri ternyata dapat memberikan hasil proses pembelajaran yang bermakna, siswa sangat aktif dalam proses pembelajaran Pengetahuan Sosial dan kesan mata pelajran Pengetahuan Sosial, (2) Dengan menggunakan pendekatan inkuiri ternyat a dapat meningkatkanketerampilan siswa dalam berfikir kritis. dan (3) Melalui penerapan pendekatan inkuri dalam proses pembalajaran Pengatahuan Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:27
Last Modified: 12 Apr 2016 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3259

Actions (login required)

View Item View Item