PENGARUH DOSIS IRADIASI SINAR UV TERHADAP KANDUNGAN VITAMIN C PADA PRODUK JUS TOMAT DALAM KEMASAN BOTOL KACA DAN BOTOL PLASTIK

Dinda Granita Aghnia, Alumni and Ina Siti Nurminabari, Ds and Dede Zainal Arief, DS (2016) PENGARUH DOSIS IRADIASI SINAR UV TERHADAP KANDUNGAN VITAMIN C PADA PRODUK JUS TOMAT DALAM KEMASAN BOTOL KACA DAN BOTOL PLASTIK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
ARTIKEL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dosis iradiasi pada jus tomat dalam kemasan botol kaca dan botol plastik terhadap respon fisik, kimia dan mikrobiologi. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk mengetahui pembuatan jus tomat, mengetahui kadar vitamin C, jumlah mikroorganisme, intensitas warna dan nilai pH pada tomat dan jus tomat, dan mempersiapkan kemasan botol kaca dan botol plastik. Penelitian utama dilakukan untuk mengetahui pengaruh dosis iradiasi sinar UV dan jenis kemasan botol kaca dan botol plastik selama proses iradiasi terhadap kadar vitamin C, jumlah mikroorganisme, nilai pH dan intensitas warna jus tomat. Hasil penelitian dosis iradiasi sebesar 28,8 kGy dan 57,6 kGy berpengaruh terhadap perubahan kadar vitamin C, nilai pH, intensitas warna dan jumlah mikroorganisme produk jus tomat dalam kemasan botol kaca dan botol plastik. Kata Kunci : iradiasi, ultraviolet, kemasan, jus tomat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 24 Jan 2018 07:53
Last Modified: 24 Jan 2018 07:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32572

Actions (login required)

View Item View Item