KARAKETRISTIK FRUIT LEATHER PADA BERBAGAI PERBANDINGAN BELIMBING WULUH DENGAN JAHE DAN PERBANDINGAN DEKSTRIN DENGAN CARBOXYMETHYL CELULLOSE (CMC)

Qony Qonyatul Qurany, Alumni and . Dede Zainal Arief, DS and Yudi Garnida, DS (2017) KARAKETRISTIK FRUIT LEATHER PADA BERBAGAI PERBANDINGAN BELIMBING WULUH DENGAN JAHE DAN PERBANDINGAN DEKSTRIN DENGAN CARBOXYMETHYL CELULLOSE (CMC). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Artikel TA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk untuk mengetahui perbandingan konsentrasi belimbing wuluh dengan jahe dan perbandingan konsentrasi dekstrin dan CMC yang tepat sehingga dihasilkan fruit leather belimbing wuluh-jahe dengan karakteristik yang baik. Penelitian terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan bertujuan untuk menentukan perlakuan yang terbaik untuk dijadikan acuan pada penelitian utama. Penelitian utama bertujuan untuk menentukan perbandingan belimbing wuluh dengan jahe dan perbandingan dekstrin dengan CMC. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok yang terdiri atas dua faktor, faktor pertama adalah perbandingan belimbing wuluh dengan jahe yang digunakan adalah 3 : 1 , 4 :1 , dan 5 : 1, dan faktor kedua adalah perbandingan dekstrin dengan CMC yang digunakan adalah 8 : 1 , 10 : 1 , dan 12 : 1. Respon penelitian utama mencakup respon kimia yang terdiri dari kadar air, kadar serat kasar dan kadar vitamin C, serta respon inderawi terhadap warna, rasa, aroma, dan tekstur. Sampel terpilih dilakukan analisis daya antioksidan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sampel terpilih dari penelitian pendahuluan adalah sampel dengan penambahan CMC, yang memiliki pH 5 dan metode analisis kadar air yang digunakan adalah metode gravimetri. Faktor perbandingan belimbing wuluh dengan jahe berpengaruh nyata terhadap atribut rasa dari fruit leather belimbing wuluh-jahe. Sampel terpilih yaitu fruit leather belimbing wuluh-jahe dengan perbandingan belimbing wuluh jahe 5 : 1 dan perbandingan dekstrin dengan CMC 12 : 1, serta menunjukkan kemampuan antioksidan sebesar 10,98%. Kata Kunci : Belimbing wuluh, fruit leather, dekstrin, CMC

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 24 Jan 2018 07:35
Last Modified: 18 May 2022 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32566

Actions (login required)

View Item View Item