Togi Haidat Mangara, Alumni and Jajan Rohjan, DS and Reza Martani Surdia, DS (2017) KINERJA PELAYANAN BUS SEKOLAH KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
04 BAB I TA PENDAHULUAN.pdf Download (297kB) | Preview |
|
Text
05 BAB II TA TINJAUAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (938kB) | Request a copy |
||
Text
06 BAB III TA GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
07 BAB IV TA ANALISIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
||
|
Text
08 BAB V TA KESIMPULAN DAN REKOMENDASI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
00 COVER TA.pdf Download (31kB) | Preview |
Abstract
Kota Bandung memiliki jumlah penduduk sebesar 2.843.977 jiwa. Sekitar 460.985 jiwa diantaranya adalah pelajar dari jenjang Sekolah Dasar hingga SMA/K sederajat. Dari beberapa studi sebelumnya didapatkan bahwa 52% dari penggunaan angkutan umum merupakan pergerakan untuk kepentingan pendidikan (sekolah). Melihat tingginya kebutuhan tersebut maka Pemerintah Kota Bandung meluncurkan program Bus Sekolah untuk mengakomodasi pergerakan tersebut. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2015 dan sudah mengoperasikan 4 rute pelayanan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan dimana terdapat rute dengan tingkat keterisian yang rendah, yang berarti pelajar belum sepenuhnya memanfaatkan bus sekolah. Selain itu, terdapat pula inkonsistensi rute dimana rute eksisting tidak sesuai dengan rute rencana. Oleh karena itu, diperlukan penilaian evaluasi terhadap kinerja pelayanan Bus Sekolah Kota Bandung untuk melihat apakah bus sekolah sudah efektif atau tidak. Evaluasi efektifitas bus sekolah dilakukan dengan membandingkan kondisi eksisting bus sekolah dengan indikator kinerja pelayanan bus sekolah dan juga dengan metode tumpang tindih peta (map overlapping). Bus Sekolah Kota Bandung belum sepenuhnya efektif dinilai dari indikator kinerja pelayanan seperti waktu menunggu bus sekolah yang lama dan juga rata – rata waktu perjalanan yang lebih dari 1 jam. Sebaran pelajar (pickup point) yang variatif juga membuat rute bus sekolah belum efektif karena rute eksisting belum mencakup seluruh sebaran pelajar seperti pada daerah Jalan A.H. Nasution. Dari hasil evaluasi ini maka perlu ada penambahan rute baru untuk dapat melayani sebaran pelajar yang variatif serta perlu adanya pengaturan rute untuk mengurangi waktu perjalanan yang lama.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2017 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 06:25 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 06:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32558 |
Actions (login required)
View Item |