EFEKTIFITAS AIR PERASAN JERUK NIPIS, JERUK LEMON DAN JERUK PURUT TERHADAP PENURUNAN KADAR LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA DAGING IKAN LELE DUMBO

M.Hasya Syarif, Alumni and Yudi Garnida, DS and Ela Turmala S, Ds (2016) EFEKTIFITAS AIR PERASAN JERUK NIPIS, JERUK LEMON DAN JERUK PURUT TERHADAP PENURUNAN KADAR LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA DAGING IKAN LELE DUMBO. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (42kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan jenis jeruk yang efektif dalam mereduksi kadar logam berat timbal (Pb) pada ikan tercemar logam berat timbal (Pb), serta untuk menurunkan kadar logam berat timbal pada ikan dengan menggunakan berbagai konsentrasi jeruk. Penelitian pendahuluan bertujuan untuk memperoleh daging ikan yang mengandung Pb dengan cara melakukan perendaman daging ikan lele dalam larutan Pb, sebagai pendekatan terhadap pencemaran ikan dengan Pb diperairan sungai. apabila hasil perendaman tersebut ternyata memberikan konsentrasi Pb dalam daging ikan terlalu kecil maka dilakukan penyuntikan 3 ppm kedalam daging ikan. Rancangan percobaan yang akan digunakan pada penelitian utama adalah pola faktorial 3 x 3 dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Rancangan perlakuan yang akan diteliti pada penelitian utama yaitu jenis jeruk (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu jeruk nipis (a1), jeruk lemon, (a2) dan jeruk purut (a3), kemudian konsentrasi perasan jeruk (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu tanpa perlakuan perendaman air jeruk [0%] (b1), konsentrasi jeruk encer [50%] (b2) dan konsentrasi jeruk murni [100%] (b3). Hasil dari penelitian pendahuluan konsentrasi Pb yang masuk dalam jaringan daging ikan dengan cara perendaman selama 1 hari sampai 8 hari sangat kecil, oleh karena itu dilanjutkan dengan penyuntikan. Berdasarkan hasil penelitian utama bahwa efektifitas jeruk nipis dan jeruk purut dalam mereduksi logam Pb pada daging ikan yang tercemar tidak berbeda nyata, tetapi berbeda nyata terhadap jeruk lemon. Perendaman daging ikan lele selama 45 menit dengan konsentrasi perasan air jeruk 100% dan 50% tidak berbeda nyata terhadap penurunan kadar logam berat Pb, tetapi konsentrasi perasan air jeruk 100% lebih efektif dalam mereduksi logam Pb dalam daging ikan tercemar dibanding dengan 50%, semakin kecil kadar Pb dalam daging ikan semakin efektif. Jeruk lemon merupakan jeruk yang paling efektif dalam menurunkan logam berat Pb.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:37
Last Modified: 17 May 2022 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32536

Actions (login required)

View Item View Item