VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN AXLE WEIGHT CONSTRAINTS VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH AXLE WEIGHT CONSTRAINTS (STUDI KASUS : PT. NMI)

R. Meina Widiastuti, ST., NPM. 2108312016 and P1. Dr. Ir. Noorman Helmi, DEA, P2. Dr. Ir. Yogi Yogaswara, MT (2018) VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN AXLE WEIGHT CONSTRAINTS VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH AXLE WEIGHT CONSTRAINTS (STUDI KASUS : PT. NMI). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Jurnal Tesis MEINA_MTI_publish.docx

Download (23kB)

Abstract

Dalam kondisi yang sangat kompetitif sekarang ini, setiap perusahaan dituntut untuk melakukan efisiensi dan penghematan di semua lini, terutama efisiensi ongkos produksi yang salah satunya adalah penghematan biaya logistik dalam hal ini biaya transportasi. Perusahaan bukan hanya perlu meminimumkan biaya transportasi, namun juga perlu meningkatkan efisiensi proses muat (loading) barang ke kendaraan. Peningkatan efisiensi ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kegunaan pemakaian ruang dalam kendaraan (baik berupa truk ataupun kontainer). Problem proses muat ini dikenal di literatur dengan nama Bin Packing Problems (BP) atau juga sering dikenal sebagai Container Loading Problem (CLP). Dalam penelitian ini akan dilakukan perhitungan rute yang optimal dengan menggunakan metode Vehicle Routing Problem yang dikombinasikan dengan Axle Weight Constrain untuk efisiensi proses muat sehingga dapat meminimasi total ongkos transportasi. Kata kunci : Vehicle Routing Problem, Container Loading Problem dengan Axle Weight Constrain.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:47
Last Modified: 22 Jan 2018 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32528

Actions (login required)

View Item View Item