Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berfikir Kreatif Terhadap Self Regulated Learning Siswa SMP

Dicky Nomansyah, NPM. 158060056 and P1. Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si, P2. Prof. Dr. Hj. R.Poppy Yaniawati, M.Pd (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berfikir Kreatif Terhadap Self Regulated Learning Siswa SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel Dicky 158060056.doc

Download (46kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji informasi mengenai kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematika siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan Metode pembelajaran scaffolding. Subjek penelitian dari penelitian ini yaitu siswa SMP PGII I Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemmpuan pemecahan masalah , tes kemampuan berpikir kreatif, angket self regulated learning, lembar observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah 1.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode scaffolding lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pemebelajaran dengan metode konvensional, 2. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode scaffolding lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pemebelajaran dengan metode konvensional, 3. Self regulated learning siswa yang menggunakan metode scaffolding lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pemebelajaran dengan metode konvensional, 4. Terdapat hubungan positif antara aspek-aspek kemampuan pemecahan masalah matematika dengan aspek-aspek kemampuan berfikir kreatif siswa. Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, self regulated learning dan metode pembelajaran scaffolding.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Jan 2018 02:48
Last Modified: 31 May 2018 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32527

Actions (login required)

View Item View Item