PEMBANGUNAN SERIUS GAME UNTUK PENGNALAN DAN PEMAHAMAN DOSEN OLEH MAHASISWA (STUDI KASUS IF-UNPAS)

EKA WIJAYA, 123040011 and Ririn Dwi Agustin, DS and Handoko Supeno, DS (2018) PEMBANGUNAN SERIUS GAME UNTUK PENGNALAN DAN PEMAHAMAN DOSEN OLEH MAHASISWA (STUDI KASUS IF-UNPAS). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
123040011_abstrak_20171.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123040011_bab1_20171.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123040011_cover_dll_20171.pdf

Download (249kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pembangunan game merupakan salah satu bidang serius dalam teknologi informasi. Sudah begitu banyak pengembang yang menggeluti bidang permainan. Para developer tersebut berlombalomba berkreasi mengembangkan permainan agar produk mereka diminati para penikmat permainan atau gamer. Sebuah permainan harus memiliki daya tarik tersendiri agar bisa diminati oleh gamer, bahkan membuat ketagihan atau adiktif. Agar menjadi permainan yang memiliki daya tarik, maka permainan tersebut haruslah menyenangkan, menantang, lucu, atau bahkan unik. Genre juga termasuk salah satu faktor daya tarik dari sebuah kecerdasan buatan pedagogik yang berupa sensitivitas Guru yang tertanam dalam permainan untuk mengklasifikasi perilaku kognitif dan motivasi pemain. Oleh karena itu dibuatlah sebuah game perkenalan dan pemahaman dosen teknik informatika di Universitas Pasundan Bandung (Unpas) dengan tujuan mahasiswa mengenal dosen sambil bermain, mulai dari Mahasiswa hafal wajah / fisik dosen (photo), nama-nama dosen, kepakaran dosen, alamat dosen dan ruang kerja dosen.. Pembangunan Serius game ini menggunakan aplikasi Construct 2 yang akan diterapkan pada smartphone android. Pembuatan game menggunakan metode Game Concept, Game Design dan Game Development, tipe game ini adalah advanture dan puzzle akan membuat mahasiswa mengetahui bentuk wajah dosen, karakter dosen, tipe mengajar dosen dan profile dosen, dalam game ini mahasiswa akan ditugaskan untuk menemukan dan mencocokan gambar dan profile dosen karena game ini akan seperti game puzzle. Hasil dari penelitian ini adalah game yang bernama Pengenalan Dosen TIF Unpas yang akan diterapkan pada smartphone android. Game ini berisi tantangan untuk Mahasiswa agar dapat menyelamatkan dosen yang diculik oleh monster, untuk dapat menyelamatkan monser mahasiswa harus menghafal terlebih dahulu data semua dosen Kata kunci : serius game, pengenalan dan pemahaman dosen, pembangunan serius game,permainan serius.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 20 Jan 2018 08:40
Last Modified: 20 Jan 2018 08:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32525

Actions (login required)

View Item View Item