PENGARUH KONSENTRASI PELILINAN DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP MUTU BUAH JERUK (Citrus microcarpa L.) YANG DIRENDAM DALAM LARUTAN AgNO3

SYIFA AMALIA, 133020239 and ELA SUTRISNO, DS (2018) PENGARUH KONSENTRASI PELILINAN DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP MUTU BUAH JERUK (Citrus microcarpa L.) YANG DIRENDAM DALAM LARUTAN AgNO3. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I PENDAHULUAN.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi lilin lebah (beeswax) dan lama penyimpanan terhadap mutu buah jeruk yang tangkainya direndam dalam larutan inhibitor (AgNO 3 ). Rancangan percobaan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 4 x 5 dan ulangan sebanyak 2 kali. Faktor pertama adalah konsentrasi AgNO 3 10 ppm 8 jam dan konsentrasi lilin lebah (b) terdiri dari b1 (0%), b2 (4%), b3 (8%), dan b4 (12%). Faktor kedua adalah lama penyimpanan (t) terdiri dari t1 (0 hari), t2 (4 hari), t3 (8 hari), t4 (12 hari), dan t5 (16 hari) Parameter pengamatan pada penelitian ini adalah analisis kimia meliputi kadar vitamin C, analisis fisik meliputi tingkat kekerasan dan susut bobot, serta analisis fisiko-kimia meliputi derajat keasaman (pH) dan total padatan terlarut (TPT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi lilin lebah (b) berpengaruh terhadap susut bobot dan vitamin C, sedangkan lama penyimpanan (t) berpengaruh terhadap susut bobot, vitamin C, total padatan terlarut, kekerasan, dan pH. Konsentrasi lilin lebah 8% merupakan konsentrasi lilin lebah terbaik untuk parameter susut bobot, total padatan terlarut, dan pH. Sedangkan konsentrasi lilin lebah 12% merupakan konsentrasi lilin lebah terbaik untuk parameter kadar vitamin C dan tingkat kekerasan. Kata Kunci : Jeruk, AgNO 3 , dan Lilin Lebah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 20 Jan 2018 02:54
Last Modified: 20 Jan 2018 02:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32522

Actions (login required)

View Item View Item