PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERAMALAN UNTUK MENDUKUNG KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI JAWA BARAT MENGGUNAKAN LEAST SQUARE METHOD

SAESAR YUSTIAWAN, 133040112 and DJUNAEDY SAKAM, DS and Agus Hexagraha, DS (2018) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERAMALAN UNTUK MENDUKUNG KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI JAWA BARAT MENGGUNAKAN LEAST SQUARE METHOD. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
133040112_abstrak_20171.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133040112_bab1_20171.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133040112_cover_dll_20171.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kebijakan penanggulangan kemiskinan merupakan suatu tindakan yang dilakukan guna menyelesaikan masalah-masalah tertentu terkait kemiskinan di Indonesia, dan khususnya di provinsi Jawa Barat. Pada pelaksanaannya, kebijakan seringkali tumpang tindih dan dinilai tidak tepat sasaran. Hal ini selain disebabkan oleh faktor masyarakat itu sendiri, juga berkaitan dengan kurangnya koordinasi yang dilakukan antar instansi terkait yang memiliki wewenang dalam merencanakan, mengelola dan mengatur proses pelaksanaan serta penyaluran bantuan, program/kegiatan, dan kebijakan-kebijakan lainnya. Terjadinya perbedaan data-data kemiskinan ditengarai menjadi salah satu penyebab ketimpangan yang terjadi dalam menanggulangi kemiskinan di Jawa Barat. Data yang dimaksud dalam hal ini adalah mengenai indikator-indikator kemiskinan dan Basis Data Terpadu (BDT) yang berisi daftar penduduk teridentifikasi miskin dan rentan yang selalu dijadikan acuan dalam mendukung tahap analisis kebijakan penanggulangan kemiskinan. Banyaknya alternatif kebijakan diikuti target yang harus dicapai menuntut peran dari pengambil keputusan untuk menentukan kebijakan yang paling sesuai dikaitkan dengan kondisi dan situasi kemiskinan melalui suatu indikator kemiskinan pada saat ini ataupun pada masa yang akan datang. Melihat kondisi tersebut, penelitian tugas akhir ini memiliki gagasan untuk merancang sebuah sistem informasi peramalan yang dapat digunakan untuk mendukung kebijakan penanggulangan kemiskinan di Jawa Barat melalui mekanisme peramalan dengan adanya intervensi dan target dengan bantuan metode peramalan least square (kuadrat terkecil). Metode least square merupakan salah satu metode peramalan yang mana dibutuhkan data-data di masa lampau untuk melakukan peramalan di masa mendatang. Hasil dari tugas akhir ini adalah rancangan sistem informasi peramalan yang dapat digunakan untuk meramalkan indikator-indikator kemiskinan atas kecenderungan data di masa lalu, meramalkan indikator kemiskinan melalui adanya masukan berupa intevensi kebijakan beserta sasaran penerimanya pada Basis Data Terpadu (BDT), serta mekanisme peramalan dengan target yang digunakan untuk memperoleh rekomendasi jenis-jenis intervensi kebijakan beserta besaran nilai intevensi yang dibutuhkan untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Kata kunci : Least Square, Peramalan, Alternatif Kebijakan, Sistem Informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 19 Jan 2018 08:26
Last Modified: 19 Jan 2018 08:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32496

Actions (login required)

View Item View Item