PENGARUH KONSETRASI GELATIN TULANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DAN JELLY POWDER TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN JELI BUAH JAMBU BIJI (Psidium guajava)

INDAH SULASTRI SUMARNO, 133020023 and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS and Nana Sutisna Achyadi, DS (2018) PENGARUH KONSETRASI GELATIN TULANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DAN JELLY POWDER TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN JELI BUAH JAMBU BIJI (Psidium guajava). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Image
indah sulastri sumarno.jpg

Download (868kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi gelatin dan konsentrasi jelly powder yang tepat untuk menghasilkan karakteristik minuman jelly jambu biji terbaik. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk memperoleh gelatin dari tulang ikan nila dan menentukan perbandingan buah dan air yang akan digunakan pada penelitian utama. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3X3 dengan tiga kali ulangan. Faktor pertama penambahan gelatin (0,1%, 0,3%, 0,5%) dan faktor kedua penambahan jelly powder (0,2%, 0,3%, 0,4%) data diolah menggunakan tabel ANAVA dengan uji lanjut duncan. Variabel respon pada penelitian ini adalah uji organoleptik meliputi: warna, aroma, rasa, tekstur. respon kimia: kadar vitamin C metode iodimetri, gula reduksi metode luff schrool, kadar air metode destilasi. Respon fisik meliputi viskositas dan daya hisap. Didalam penelitian utama menggunakan gelatin tulang ikan nila dengan kadar air sebesar 64,885%, kadar abu sebesar 1,92%, pH sebesar 4,5, Viskositas sebesar 9 cP, kekuatan gel sebesar 5,293 gforce dan rendemen sebesar 20%. Hasil analisis menunjukan konsentrasi gelatin berpengaruh nyata terhadap karakteristik minuman jelly jambu biji yaitu terhadap vitamin C, kadar air, daya hisap, viskositas, warna, aroma, dan tekstur tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap rasa dan gula reduksi. Konsentrasi Jelly Powder berpengaruh nyata terhadap vitamin C, gula reduksi, kadar air,daya hisap, viskositas, warna, aroma, rasa, dan tekstur. Interaksi konsentrsi gelatin dan jelly powder berpengaruh nyata terhadap warna, tekstur dan viskositas tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap vitamin C, gula reduksi, kadar air,daya hisap, aroma,dan rasa. Sampel terpilih adalah formula dengan penambahan konsentrasi gelatin 0,3% dan konsentrasi jelly powder 0,3% dengan kadar vitamin C 41,766 mg/100 g, Gula Reduksi 12,713%, Kadar Air 72,675%, Viskositas 110 cP dan Daya Hisap 1,080 detik/ml.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 16 Jan 2018 05:45
Last Modified: 16 Jan 2018 05:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32447

Actions (login required)

View Item View Item