Rencana Strategis Klinik X, Bandung Dalam Upaya Mewujudkan Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage)

Luke Lompoliu, NPM. 148020102 (2018) Rencana Strategis Klinik X, Bandung Dalam Upaya Mewujudkan Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Jurnal tesis_Luke2.doc

Download (93kB)

Abstract

Judul penelitian : Rencana Strategis Klinik X, Bandung Dalam Upaya Mewujudkan Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji : 1. Posisi Klinik X saat ini dikaitkan dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal. 2. Peta persaingan Klinik X.di kota Bandung. 3 Faktor-faktor yang menghambat perencanaan strategik Klinik X dalam upaya mewujudkan keunggulan bersaing. 4. Rencana strategis Klinik X dalam upaya mewujudkan keunggulan bersaing. Penelitian ini mengaplikasikan teori manajemen strategis, dengan pendekatan penelitian kualitatif eksploratif yang berdasarkan pada data primer dan sekunder yang muncul dalam wujud kata-kata dengan metode yang bersifat deskriptif untuk mengetahui posisi Klinik X saat ini dikaitkan dengan kondisi lingkungan internal dan eksternalnya, peta persaingan Klinik X di kota Bandung, faktor-faktor apa saja yang menghambat perencanaan strategik Klinik X dalam upaya mewujudkan keunggulan bersaing, dan bagaimana rencana strategis Klinik X dalam upaya mewujudkan keunggulan bersaing. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 50 orang pasien yang datang berobat ke Klinik X. Pemilihan responden menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Klinik X saat ini terdapat banyak sekali kekurangan yang harus diperbaiki, untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. 2. Melihat peta persaingannya, disimpulkan bahwa di daerah sekitar Klinik X banyak kompetitor serupa yang masih lebih unggul dan ada juga yang setara, sehingga Klinik X harus memperbaiki kekurangan atau kelemahannya dengan tujuan mendapatkan keunggulan kompetitif dibanding kompetitornya. 3. Faktor penghambat dalam mewujudkan keunggulan bersaing : sistem manajemen klinik belum terbentuk dan terlaksana dengan baik, kebijakan pemerintah mendorong pasien lebih memilih klinik dengan pelayanan BPJS, kepemimpinan klinik masih dipegang pemilik sekaligus pelaksana yang mengakibatkan sistem manajemen klinik tidak efisien dan efektif. 4. Saran berdasarkan matriks SWOT Klinik X dan strategi stabilisasi laba, pimpinan klinik disarankan untuk mengambil langkah sebagai berikut: a) Menyusun visi dan misi. Visi : Menjadi klinik pratama unggulan di daerah Bandung selatan. Misi : Memberikan pelayanan kesehatan sebaik-baiknya bagi masyarakat dan mengembangkan klinik sehingga tercipta suasana pelayanan yang ramah, nyaman, dan efisien. b) Mengumpulkan modal untuk mengembangkan usaha dengan cara menggandeng investor atau pinjaman bantuan modal, bisa berupa modal asing atau modal sendiri. c) Merenovasi klinik sehingga menjadi lebih representatif dan keberadaannya lebih diketahui oleh pasien. d) Membuat apotik sehingga pasien tidak perlu repot membeli obat di luar klinik. e) Melengkapi peralatan medis dengan alat yang lebih baru dan canggih sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pasien. f) Melakukan kerja sama dengan dokter umum atau spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis kandungan untuk berpraktik di klinik X sebagai dokter tetap sehingga jadwal praktik menjadi jelas dan tidak menimbulkan keraguan dari pasien untuk datang berobat sesuai jadwal. g) Membentuk manajemen yang profesional, sehingga fungsi dan tugas masing-masing personil semakin jelas, tidak luput juga bagian keuangan agar keuangan klinik terkontrol. h) Merekrut tenaga medis dan paramedis yang lebih berkompeten. i) Menggencarkan promosi atau pengenalan pada masyarakat, khususnya pada tokoh masyarakat atau tokoh agama sekitar, sehingga keberadaan klinik beserta fasilitasnya semakin diketahui. j) Melakukan kerjasama dengan BPJS, sehingga dapat menjaring lebih banyak pasien. k) Melakukan analisis strategi ulang per tahun, dikarenakan situasi lingkungan yang cepat sekali berubah dan peta persaingan yang kian hari semakin ketat. Kata kunci : manajemen strategis, keunggulan bersaing

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 13 Jan 2018 05:55
Last Modified: 13 Jan 2018 05:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32440

Actions (login required)

View Item View Item