ANALISIS PROGRAM INTERNSIP DOKTER INDONESIA DALAM UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEDIK (Suatu Survei Pada Peserta Intersip di RSUD Cicalengka Kab Bandung)

AULIA WULANDHARI, NPM : 148020142 (2017) ANALISIS PROGRAM INTERNSIP DOKTER INDONESIA DALAM UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEDIK (Suatu Survei Pada Peserta Intersip di RSUD Cicalengka Kab Bandung). Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
abstrak analisis PIDI.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pelaksanaan program internsip dokter Indonesia (PIDI), hambatan dalam program internsip dokter Indonesia (PIDI) dan upaya program internsip dokter indonesia (PIDI) dalam meningkatan keterampilan medik dokter internsip di RSUD Cicalengka Kab. Bandung. Untuk itu penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Data yang diolah diperoleh dari data sekunder yang didapat lembaga/institusi yang kredibel dan situs internet sedangkan data primer diperoleh dari wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penelitian ini diketahui kondisi pelaksanaan program internsip dokter Indonesia (PIDI) di RSUD Cicalengka Kab. Bandung pada Tahun 2017 telah berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, ditemukan hambatan-hambatan dari peserta internsip yang memiliki motivasikurangaktif, kurangmampumenyelaraskanantara literature yang di dapatdenganpengalaman, keterbatasanDokterPendampingInternsipdalammemberikan motivasipesertainternsip, saranadanprasarana wahana internsip yang masihkuranglengkapdanmemadai. Hasil penelitian menyarankan bagi manajemen RSUD Cicalengka Kab. Bandung untuk melakukan pengelolaan pelaksanaan program internsip dokter indonesia (PIDI) secara optimal, untuk mencapai pelayanan kesehatan yang berkualitas serta mempertimbangkan upaya PIDI dalam meningkatan keterampilan medik dokter. Kata kunci: PIDI, dokter internsip, dokter pendamping, RSUD Cicalengka Kab. Bandung sebagai wahana.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 09 Jan 2018 01:52
Last Modified: 09 Jan 2018 01:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32426

Actions (login required)

View Item View Item