PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SERTA HUBUNGANNYA TERHADAP SELF EFFICACY SISWA

VIDIA TAKBIRANI, NPM. 158060037 and PEMB.1. H. BANA KARTASASMITA, PEMB. 2. HJ. POPY YANIAWATI (2018) PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SERTA HUBUNGANNYA TERHADAP SELF EFFICACY SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel vidia takbirani 158060037.docx

Download (22kB)

Abstract

Vidia Takbirani, (2018). Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa Serta Hubungannya Terhadap Self Efficacy Siswa. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji masalah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan komunikasi matematis siswa serta self efficacy siswa melalui pembelajaran Problem Based Learning dengan Hypnoteaching. Metode penelitian ini adalah mix method tipe embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartika Siliwangi XIX Bandung, adapun sampel yang dipilih adalah kelas XIS1 sebagai kelas kontrol dan kelas XIS2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan non tes. Tes yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 6 soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala selfefficacy, lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning dengan Hypnoteaching peningkatannya lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning dengan Hypnoteaching mengalami peningkatan yang lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Self efficacy siswa setelah menggunakan pembelajaran Problem Based Learning dengan Hypnoteaching secara keseluruhan dinyatakan mampu menyatakan bahwa mereka lebih merasa yakin dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan. 4) Terdapat hubungan positif dan searah antara kemampuan berpikir kreatif matematis, komunikasi matematis, dan self efficacy pada pembelajaran Problem Based Learning dengan Hypnoteaching. 5) Terdapat hubungan positif dan searah antara kemampuan berpikir kreatif matematis, komunikasi matematis, dan self efficacy pada pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Hypnoteaching, Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 02 Jan 2018 04:43
Last Modified: 15 May 2018 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32392

Actions (login required)

View Item View Item