KEPUASAN PASIEN : ANALISIS BAURAN PEMASARAN JASA DAN DAMPAKNYA TERHAD LOYALITAS PASIEN (SURVEY PADA RAWAT JALAN RSUD AL IHSAN)

MOCH. JAENAL ARIFIN, NPM: 1580 20 055 (2017) KEPUASAN PASIEN : ANALISIS BAURAN PEMASARAN JASA DAN DAMPAKNYA TERHAD LOYALITAS PASIEN (SURVEY PADA RAWAT JALAN RSUD AL IHSAN). Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
moch Jaenal Arifin.doc

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirik mengenai “Kepuasan Pasien : Analisis Bauran Pemasaran Jasa dan dampaknya terhadap loyalitas pasien (Survei pada Rawat Jalan RSUD Al Ihsan). Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Rawat Jalan RSUD Al Ihsan dan meningkatkan loyalitas pasien terhadap RSUD Al Ihsan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang dugunakan melalui survey dengan menggunakan kuesioner , pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2017, teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa pesepsi pasien terhadap bauran pemasaran jasa rawat jalan RSUD Al Ihsan yang terdiri dari 7 dimensi, yakni: produk, harga, lokasi/ tempat, promosi, orang/ petugas, bukti fisik dan proses dinilai baik oleh pasien, begitu pula dengan kepuasan pasien dinilai puas dan loyalitas pasien rata – rata loyal. Hasil analisis verifikatif secara bersama – sama (simultan) terdapat pengaruh signifikan antara bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pasien dan secara individu (parsial) terdapat pengaruh signifikan dari dua dimensi produk dan proses terhadap kepuasan pasien, sementara kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dan terdapat pengaruh tidak langsung antara bauran pemasaran jasa terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien. Kata kunci : Bauran Pemasaran Jasa, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 30 Dec 2017 03:58
Last Modified: 30 Dec 2017 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32389

Actions (login required)

View Item View Item