IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AL IHSAN PROVINSI JAWA BARAT

IRLAN HENDRIANA, NPM. 158010020 (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AL IHSAN PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
IRLAN.doc

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok, yaitu implementasi kebijakan BPJS yang dinilai masih belum optimal. Hal ini diduga disebabkan oleh belum dijalankannya dimensi-dimensi implementasi kebijakan secara maksimal oleh para pegawai BLUD RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat. Pendekatan dalam penelitian ini tentang implementasi kebijakan dilihat dari konteks kebijakan publik dan administrasi publik sebagai teori induknya untuk mengembangkan khasanah ilmu administrasi publik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Beberapa alasan memilih metode ini yaitu pertama, menyesuaikan metode ini lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan jamak (kompleks/heterogen). Kedua, metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan informan dan yang ketiga, metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama terhadap pola-pola nilai yang dihadapi Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi kebijakan BPJS Kesehatan di BLUD RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat sudah berjalan dengan semestinya, tetapi belum menyentuh seluruh aspek pencapaian keberhasilan sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Edward III. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan BPJS Kesehatan di BLUD RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat yaitu, Faktor pendukung antara lain yaitu tersedianya sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan yang menunjang pelaksanaan kebijakan BPJS Kesehatan di BLUD RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat. Faktor Penghambat antara lain yaitu adanya batasan pada beberapa ketentuan seperti penggunaan obat-obatan yang harus disesuaikan dengan INA-CBGs dan waktu penerbitan SEP. Strategi cocok dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran pada BLUD RSUD Al Ihsan Jawa Barat berdasarkan analisis SWOT adalah Strategi yang menggunakan kekuatan untuk mencapai atau meraih peluang (S - O), meliputi manfaatkan potensi SDM BLUD RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat yang kompeten untuk meningkatkan pengunjung dan memberikan tugas yang jelas kepada pegawai untuk sesuai dengan peraturan. Selanjutnya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi kebijakan BPJS Kesehatan di BLUD RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat sudah berjalan dengan semestinya, tetapi belum menyentuh seluruh aspek pencapaian keberhasilan sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Edward III.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 30 Dec 2017 03:41
Last Modified: 30 Dec 2017 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32388

Actions (login required)

View Item View Item