ANALISA LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENGUKURAN TINGKAT PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KARAWANG PERIODE 2002-2004

Achmad Ginanjar, 012040011 (2017) ANALISA LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENGUKURAN TINGKAT PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KARAWANG PERIODE 2002-2004. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD GINANJAR.doc

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Karawang adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penyediaan air minum yang didistribusikan kepada masyarakat. Berdasarkan laporan keuangan PDAM Kabupaten Karawang yang diambil dalam penelitian pada periode 2002 hingga periode 2004 menggambarkan adanya fluktuasi pada salah satu rasio profitabilitasnya, yaitu pada rasio Basic Earning Power. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, mengetahui analisa laporan keuangan sebagai dasar pengukuran profitabilitas perusahaan serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi laporan keuangan terhadap profitabilitas perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari wawancara terstruktur dan observasi non partisipan. Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan metode analisis data horizontal, sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan adalah dengan teknik analisis trend dan analisis rasio profitabilitas. PDAM Kabupaten Karawang didalam perkembangan tingkat profitabilitasnya mengalami fluktuasi, terutama pada rasio basic earning powernya. Tingkat fluktuasi atas rasio profitabilitas perusahaan tersebut dipengaruhi oleh kenaikan tarif dasar air per m3 sebesar 40% hingga akhir periode 2004, selain itu didukung pula dengan peningkatan frekuensi sambungan rekening baru dengan mayoritas konsumen dari golongan niaga. Berdasarkan uraian diatas, maka hasil analisa laporan keuangan dapat dijadikan sebagai dasar pengukuran tingkat profitabilitas perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi laporan keuangan terhadap tingkat profitabilitas pada PDAM Karawang yaitu tingginya biaya pengolahan air melebihi biaya pembelian air baku, lemahnya kinerja bagian Satuan Pengendalian Internal sehingga memudahkan terjadinya penyimpangan disipliner serta sering terjadinya keterlambatan penyampaian laporan keuangan cabang sehingga penyusunan laporan pusat seringkali tidak tetap dan cenderung kadaluarsa. Saran yang peneliti kemukakan yaitu PDAM Karawang seharusnya menerapkan metode komputerisasi yang terkoneksi pada seluruh kantor cabang serta kerjasama dengan pihak luar (bank), guna memperkecil penyimpangan, mempermudah koordinasi serta memudahkan proses penyampaian data laporan keuangan setiap cabang sehingga diharapkan tidak akan terjadi lagi keterlambatan, yang kedua meningkatkan kinerja Satuan Pengendalian Internal agar mampu mengurangi bentuk penyimpangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2001
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:41
Last Modified: 04 Dec 2017 02:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32183

Actions (login required)

View Item View Item