EVALUASI KINERJA PELAYANAN TEMPAT PERHENTIAN ANGKUTAN UMUM BUS DAMRI TRAYEK LEDENG – LEUWI PANJANG KOTA BANDUNG

Fery Setyawan, 093060012 and Jajan Rohjan, DS and Furisari, DS (2016) EVALUASI KINERJA PELAYANAN TEMPAT PERHENTIAN ANGKUTAN UMUM BUS DAMRI TRAYEK LEDENG – LEUWI PANJANG KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER TA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 TA.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB IV TA.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Pada dasarnya sistem transportasi perkotaan harus ditunjang dengan sarana dan prasarana transportasi perkotaan yang dapat menunjang kebutuhan transportasi penduduknya dengan aman, nyaman dan memiliki aksessibilitas yang tinggi. Sarana transportasi yang sangat berperan dalam pelayanan transportasi perkotaan adalah bus dan tentunya perlu ditunjang dengan sarana penunjang berupa tempat perhentian angkutan umum bus yang memiliki lokasi sesuasi kebutuhan , dan memiliki kinerja pelayanan yang baik. Fungsi tempat perhentian sendiri adalah untuk memfasilitasi angkutan umum perkotaan agar tidak melakukan kegiatan paratransit yang sering menimbulkan kemacetam yang terjadi di sepanjang rute angkutan umum yang dilalui. Rendahnya pemanfaatan halte saat ini masih sangat rendah dan kondisinya yang belum sesuai dengan standar yang ada adalah salah satu penyebab dari kegiatan paratransit. Dalam melakukan evaluasi dan dalam menyusun konsep peningkatan kinerja pelayanan halte pada halte bus (Damri) trayek Ledeng –Leuwipanjang, perlu mengetahui sebelumnya bagaimana karakteristik dan kondisi halte, karaktersitik penggunanya, serta bagaimana melihat preferensi pengguna halte dan juga perlu meninjau kinerja pelayanan halte dari segi standar pelayanan minimum halte. Karakterstik halte ditinjau berdasarkan ada tidaknya bangunan, ada tidaknya celukan bus dan kelengkapan utilitas yang menunjangnya, dan preferensi kepuasan pengguna halte ditinjau dari hasil analisis Importance Perfomance Analisis yang diukur dari beberapa faktor yang di antaranya adalah kehandalan, kemudahan, keamanan, kesetaraan dan keteraturan, di samping itu evaluasi juga dilakukan dengan pendekatan Standar pelayanan Minimanl terkait dengan pelayanan halte bus . Setelah dilakukannya evaluasi pelayanan tempat perhentian angkutan umum Damri , disimpulkan bahwa kinerja pelayanan halte masih rendah dan banyak faktor dan variabel yang belum memenuhi harapan pengguna dan standar pelayanan minimum dan perlu adanya teluk bus pada setiap halte dan fasilitas penyeberangan yang disesuaikan dengan karakteristik jaringan jalan .Sehingga diharapkan pemanfaatan angkutan umum dan halte semakin tinggi dan angka kemacetan pada rute damri Ledeng – Leuwipanjang dapat ditekan . Kata kunci : Evaluasi dan Kinerja, Perhentian Angkutan Umum ABSTRACT Basically, an urban transportation system should be supported by urban transportation infrastructure and medium to bolster save, comfortable resident transportation needs and have high accessibility. Means of transportation having particularly important role in urban transportation service is bus and, of course, it need to be supported by the supporting medium such as stopping place for public buss ing havingh both location appropriate to necessities and good service performance. The function of a stopping place itself is to facilitate public urban transport to prevent paratransit activities leading, it is frequent, to stoppage along public transport route passed through. Low use of a stopping place today and its condition having not been appropriate to the existing standards are causes of paratransit activities. In making an evaluation and setting up a concept of improvement of service performance in some stopping places for public busses (Damri) on the route of Ledeng- Leuwipanjang, it is necessary to have earlier understanding of characteristics and conditions of the stopping place, the characteristics and preferences of users, and of a stopping place service performance in terms of minimum service standards. The charactertics of a stopping place is observed based on whether or not a building, a bus celukan and completeness of the supporting utility are present, and the preferences of user satisfaction is observed from the results of the Importance Performance Analysis which are measured by some factors such as reliability, facilitation, safety, equivalence, and regularity. In addition, the evaluation was made by using an approach to Minimal Service Standard in relation to the stopping place service for public busses. After evaluation of a stopping place service for public transport Damri has been completed, it can be concluded that a stooping place service performance is still low and many factors and variables are not yet complying with user expectations and minimum service standards and, therefore, any buss bay in each stopping place and any crossing facility fit the characteristics of road network are necessary. Thus, the higher use of public transport and stopping place is anticipated, and the jamming rate on the route of Ledeng-Leuwipanjang for Damri might be compressed. Keywords: Evaluation and Performance, Stopping Place for Public Transport

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 12 Apr 2016 02:21
Last Modified: 12 Apr 2016 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item View Item