PENENTUAN KAPASITAS ADSORPSI FLY ASH BATUBARA TERHADAP WARNA LINDI HASIL PENGENCERAN DENGAN MENGGUNAKAN PERSAMAAN FREUNDLICH DAN LANGMUIR ISOTERM

Joko Moeloes, Alumni (2008) PENENTUAN KAPASITAS ADSORPSI FLY ASH BATUBARA TERHADAP WARNA LINDI HASIL PENGENCERAN DENGAN MENGGUNAKAN PERSAMAAN FREUNDLICH DAN LANGMUIR ISOTERM. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
BAB IV jm.doc

Download (990kB)
[img] Text
BAB V jm.doc

Download (38kB)
[img] Text
BAB II jm.doc

Download (575kB)
[img] Text
BAB I jm.doc

Download (66kB)
[img] Text
BAB III jm.doc

Download (264kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Masalah lindi merupakan masalah yang selalu menyertai pembuangan akhir sampah padat. Lindi adalah bahan pencemar yang potensial mengganggu lingkungan dan kesehatan manusia. Lindi tersebut harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke badan air penerima. Pengolahan tersebut dapat dilakukan secara fisik, kimia, dan biologi. Pada penelitian ini akan dilakukan pengolahan untuk menyisihkan warna lindi dengan cara fisik yaitu adsorpsi dengan fly ash batubara. Fly ash batubara merupakan material buangan dari sisa pembakaran batubara. Salah satu alternatif pembuangan adalah dimanfaatkan sebagai media adsorpsi, karena fly ash batubara mempunyai karakteristik fisik dan kimia yang dapat untuk digunakan sebagai adsorben. Pada penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah menentukan pH, berat dan waktu jenuh optimal, dengan pengenceran 100x, berat adsorben 1 gr. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa pH 2 merupakan pH optimum dengan efisiensi penyisihan sebesar 85 %. Pada penetuan berat optimal, adsorben dengan berat 1 gr menghasilkan penyisihan tertinggi sebesar 84 %. Penelitian utama memvariasikan pengenceran dengan pH optimum, berat optimum dan waktu pengolahan sesuai dengan waktu jenuh masing-masing variasi pengenceran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adsorpsi mengikuti persamaan Langmuir Isoterm, yang dilihat dari nilai R2 > 0,9 dan memiliki tingkat penyimpangan data lebih kecil, serta melakukan desorpsi untuk lebih meyakinkan persamaan tersebut. Adapun kapasitas adsorpsi dengan persamaan Langmuir Isoterm sebesar 8,0547 mg/g.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2008
Depositing User: Dewi Ayu Larassati
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:03
Last Modified: 22 Nov 2017 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31846

Actions (login required)

View Item View Item