Evaluasi Kapasitas Adsorpsi Kulit Kacang Tanah Terhadap Zat Warna Remazol Golden Yellow 6 Menggunakan Persamaan Freundlich, Langmuir Dan BET Isoterm

FIFIN MELLIANTI, Alumni (2005) Evaluasi Kapasitas Adsorpsi Kulit Kacang Tanah Terhadap Zat Warna Remazol Golden Yellow 6 Menggunakan Persamaan Freundlich, Langmuir Dan BET Isoterm. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
BAB III.doc

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (2MB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Untuk menangani masalah yang timbul sebagai akibat buruknya penanganan limbah cair usaha kerajinan batik yang berasal dari penggunaan bahan pembantu untuk pewarnaan batik, terutama zat warna Remazol Golden Yellow 6, dapat dilakukan melalui pengolahan secara fisik-kimia. Pengolahan yang dilakukan adalah pengolahan secara fisik-kimia sederhana yaitu memanfaatkan limbah pertanian seperti limbah kulit kacang tanah sebagai media adsorpsi dalam mengadsorpsi zat warna pembatikan. Keuntungan penggunaan limbah pertanian adalah selain mudah didapat dan berharga murah serta tidak perlu diregenerasi karena selalu tersedia sebagai limbah/hasil samping pertanian. Konsentrasi HCl dengan nilai adsorpsi terbaik adalah konsentrasi HCl 0,35 M dengan nilai pH 1,93 – 2,39 dengan waktu equilibrium 60 – 90 menit. Selulosa dan lignin yang terkandung dalam kulit kacang tanah dapat digunakan untuk mengadsorp zat warna tanpa delignifikasi, tetapi kemampuan kulit kacang tanah untuk melakukan adsorpsi zat warna dapat ditingatkan dengan delignifikasi yaitu dengan cara melarutkan lignin dengan NaOH 17,5 % pada suhu 20 ± 0,2 OC (SII. 0443 – 81). Berdasarkan nilai koefissien determinasi (nilai R2) persamaan Freundlich Isoterm, Langmuir Isoterm dan BET Isoterm dapat diketahui bahwa mekanisme adsorpsi serbuk kulit kacang tanah terhadap zat warna Remazol Golden Yellow 6 lebih mengikuti persamaan Langmuir dan BET Isoterm dengan memberikan kapasitas sebesar 0,00121 mg/g pada adsorpsi serbuk kulit kacang tanah dengan delignifikasi NaOH 17,5 %. COD zat warna Remazol Golden Yellow 6 pada konsentrasi 60 ppm adalah 32,3 mg/l O2. Penurunan COD dan zat warna akan berlangsung efektif pada berat serbuk yang tidak terlalu berat, berkisar pada berat serbuk 1000 mg sampai 2500 mg.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2005
Depositing User: Dewi Ayu Larassati
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:02
Last Modified: 22 Nov 2017 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31833

Actions (login required)

View Item View Item