PENENTUAN KAPASITAS ADSORPSI KULIT KACANG TERHADAP ZAT WARNA REMAZOL NAVY BLUE SCARLET MENGGUNAKAN PERSAMAAN FREUNDLICH DAN LANGMUIR ISOTERM

Fajrulma, Alumni and Deni Rusmaya, DS and Sri Wahyuni, DS (2008) PENENTUAN KAPASITAS ADSORPSI KULIT KACANG TERHADAP ZAT WARNA REMAZOL NAVY BLUE SCARLET MENGGUNAKAN PERSAMAAN FREUNDLICH DAN LANGMUIR ISOTERM. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
BAB II Tinjauan Pustaka...Ok!!!.doc

Download (3MB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI ..........Ok!!!!.doc

Download (370kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.doc

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV LENGKAP ......................Ok!!!..doc

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1Pendahuluan - Ok!!.doc

Download (55kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan sektor industri selalu membawa peningkatan timbulan limbah, khususnya limbah cair sebagai output dari kegiatan. Di sisi lain, peraturan baku mutu limbah yang ketat, serta berkurangnya sumber air bersih untuk masyarakat karena pertambahan penduduk, menuntut perhatian yang lebih besar pada efektifitas dan efisiensi pengolahan. Salah satu industri yang berpotensi untuk pencemaran air adalah industri tekstil. Limbah industri tekstil tersebut dapat menyebabkan penurunan kualitas badan air penerima apabila tidak diolah secara benar. Pada penelitian ini akan dilakukan pengolahan untuk menyisihkan zat warna dengan cara fisik yaitu adsorpsi dengan menggunakan kulit kacang. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah perlakuan terhadap media optimum, pH optimum, berat optimum, ukuran diameter optimum (mesh) dan waktu jenuh, dengan konsentrasi zat warna Remazol Navy Blue Scarlet 60 ml/L, dengan berat adsorben 1 gr dengan ukuran media 50 mesh. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa pH 2 merupakan pH optimum dengan efisiensi penyisihan sebesar 99,61%. Pada penentuan berat optimum dengan variasi berat 0,25 gr, 0,50 gr, 0,75 gr dan 1 gr. Hasil yang diperoleh berat optimum terjadi pada berat 1 gr yaitu sebesar 99,77%. Pada penentuan diameter optimum media (mesh) dengan variasi mesh 20, 30, 40 dan 50 diperoleh penyisihan terbesar yaitu pada mesh 50 sebesar 99,52% dan waktu jenuh tercapai setelah 90 menit dengan penyisihan sebesar 97,68%. Persamaan yang digunakan adalah Langmuir dan Freundlich Isoterm, persamaan yang cocok digunakan dalam penelitian ini adalah persamaan Langmuir Isoterm, yang dilihat dari nilai R2nya sebesar 0.990. kapasitas adsorpsiyang dicapai sebesar 24.39 mg/gr yang artinya 24.39 mg zat warna dapat disisihkan oleh kulit kacang delignifikasi 17,5% NaOH dengan berat 1 gr. Penggunaan kulit kacang sebagai adsorben merupakan alternative pengganti karbon aktif dalam pengolahan limbah cair berwarna.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2008
Depositing User: Dewi Ayu Larassati
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:01
Last Modified: 22 Nov 2017 03:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31831

Actions (login required)

View Item View Item