USULAN STRATEGI BISNIS PENJUALAN VOUCHER ELEKTRONIK DI PT. DIAN KENCANA PURI PRIMA ( DKPP ) BANDUNG

Andriana Wibawa, Alumni and Sutarman, DS (2008) USULAN STRATEGI BISNIS PENJUALAN VOUCHER ELEKTRONIK DI PT. DIAN KENCANA PURI PRIMA ( DKPP ) BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Abstraksi, Kata Penghantar, Daftar Isi, Tabel dan Gambar.doc

Download (97kB)
[img] Text
COVER JUDUL.doc

Download (155kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Dian Kencana Puri Prima (DKPP) Bandung adalah salah satu authorized dealer resmi Indosat yang ada di Bandung yang bergerak dalam bidang pelayanan dan pendistribusian produk Indosat yang didirikan pada tanggal 4 Agustus 2005. Masalah yang terdapat pada PT. Dian Kencana Puri Prima (DKPP) Bandung ini yaitu menurunnya tingkat penjualan yang diakibatkan oleh persaingan yang semakin ketat, maka dari itu diperlukan suatu penentuan strategi bisnis yang tepat. Penentuan alternatif strategi ini menurut, Fred R. David terdiri dari tiga tahap yaitu Input Stage, Matching Stage dan Decision Stage. Langkah-langkah perumusan strategi ini diawali dengan mengevaluasi faktor-faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang teridentifikasi melalui Internal Factors Evaluation (IFE) dan External Factors Evaluation (EFE) pada tahap I (Input Stage). Selanjutnya berdasarkan hasil pembobotan dan penilaian terhadap faktor-faktor tersebut dilanjutkan pada tahap 2 (Matching Stage) yaitu membuat matriks SWOT, SPACE dan matriks IE (Matriks Internal-External). Kemudian ketiga matriks tersebut dianalisa dan diperoleh beberapa alternatif strategi bisnis yang dilanjutkan pada tahap 3 (Decision Stage) menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks) sehingga diperoleh keputusan strategi bisnis yang tepat. Dari hasil pengolahan data pada matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks) didapat total skor untuk strategi intensif sebesar 5.79 lebih besar dibanding total skor dari strategi integrasi yaitu 5.65. Untuk itu dilakukan pemilihan tindak lanjut untuk strategi intensif dan diperoleh nilai TAS (Total Attractive Score), 5.48 untuk strategi pengembangan pasar (market development), 6.05 untuk strategi penetrasi pasar (market penetration), 5.70 untuk strategi pengembangan produk (product development). Karena memiliki nilai TAS (Total Attractive Score) terbesar maka strategi penetrasi pasar (market penetration) terpilih sebagai strategi operasional yang tepat bagi PT. Dian Kencana Puri Prima (DKPP) Bandung.Tindak lanjut dari program perencanaan penetrasi pasar (market penetration) dibuat dalam bentuk action plan dan gantt chart, yaitu program Branding outlet, promosi melalui media cetak, mengadakan acara family gathering, perluasan target pemasaran, dan perbaikan sistem pengisian pulsa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2008
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 10 Nov 2017 06:35
Last Modified: 10 Nov 2017 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31803

Actions (login required)

View Item View Item