KAJIAN SIMBOL DALAM PENOKOHAN PADA NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI : TINJAUAN SEMIOTIK PEIRCE SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDOENSIA DI SMA

ALIS MARLIATI, NPM : 148090022 (2017) KAJIAN SIMBOL DALAM PENOKOHAN PADA NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI : TINJAUAN SEMIOTIK PEIRCE SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDOENSIA DI SMA. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
jurnal.docx

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala penurunan nilai-nilai moral bangsa dikalangan generasi muda, sehingga perlu antisipasi melalui pembelajaran yang berbasis nilai-nilai moral melalui penyedian bahan ajar yang berorientasi pada nilai-nilai moral bangsa. Berdasarkan dari hal tersebut, maka dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut: bagaimanakah bentuk simbol yang terdapat dalam kajian penokohan novel Negeri 5 Menara berdasarkan tinjauan semiotik? bagaimanakah makna simbol dari bentuk simbol yang terdapat unsur penokohan dalam novel Negeri 5 Menara berdasarkan tinjauan semiotik ? dan dapatkah hasil kajian simbol yang terdapat dalam unsur penokohan novel Negeri 5 Menara dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kurikulum 2013?. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk simbol yang diteliti dalam penokohan novel Negeri 5 Menara berdasarkan tinjauan semiotik Peirce; mendeskripsikan makna simbol yang dimaknai terbatas pada bentuk simbol kata, frasa dan kalimat dari kajian penokohan dan mendeskripsikan pemanfaatan hasil kajian simbol dalam penokohan yang terdapat pada novel Negeri 5 Menara akan dapat dipertimbangkan sebagai alternatif bahan ajar dalam bentuk LKPD berdasarkan tuntutan kurikulum 2013, aspek bahasa dan aspek psikologis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan kajian content analysis. Artinya, penelitian novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dikaji secara teliti dengan menggunakan pedoman analisis. Setelah dilakukan penelitian dan analisis pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Penulis novelNegeri 5 Menaramengungkapkan bentuk simbol berupa kata, frasa dan kalimat dalam penokohan pada novel Negeri 5 Menara. (2) Makna simbol dalam penokohan pada novel Negeri 5 Menara meliputi beberapa aspek antara lain, religius, disiplin, kerja keras , jujur, kreatif, mandiri,peduli dan tanggung jawab. (3) Novel Negeri 5 Menarakarya Ahmad Fuadi dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia di SMA kelas XII. Kata-kata kunci: Simbol, Penokohan dan Tinjauan Semiotik Peirce.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 31 Oct 2017 07:33
Last Modified: 31 Oct 2017 07:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31728

Actions (login required)

View Item View Item