PENGARUH PEMASARAN INTERNAL TERHADAP PEMASARAN INTERAKTIF PERAWAT DAN IMPLIKASINYA KEPADA KEPUASAN PASIEN

ZULAEHAH HIDAYATI, NPM :158020057 (2017) PENGARUH PEMASARAN INTERNAL TERHADAP PEMASARAN INTERAKTIF PERAWAT DAN IMPLIKASINYA KEPADA KEPUASAN PASIEN. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Other
TESIS ZULAEHAH.rar

Download (88kB)

Abstract

Persaingan di bidang pelayanan jasa kesehatan perlu untuk dipahami dan diantisipasi oleh berbagai lembaga pemberi jasa pelayanan kesehatan termasuk RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung (RSHS). RSHS perlu memperhatikan lebih lagi kepuasan pelanggan agar tercipta loyalitas pelanggan. Selain, itu nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2016 sebesar 74,13 ini masih di bawah target yang ditetapkan Kemenkes yaitu 85%, perlu untuk dapat diperbaiki. Kepuasan pelanggan terkait dengan kepuasan pelayanan dan kinerja terlaksana selama karyawan dan pasien saling berinteraksi disebut pemasaran interaktif. Selain itu, berkaitan juga dengan pemasaran internal yang dilaksanakan manajemen terhadap karyawan. Teknik wawancara dengan menggunakan kuesioner pada populasi dan sampel perawat rawat inap kelas 2 dan 3 dilaksanakan pada pengumpulan data. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan verifikatof menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) untuk dapat meneliti pengaruh antara pemasaran internal dengan pemasaran interaktif, serta pengaruh pemasaran interaktif dengan kepuasan pasien. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai pemasaran internal menunjukkan, pemasaran interaktif, dan kepuasan pasien menunjukkan kategori cukup baik sampai sangat baik. Hal lain yang diketahui pula tingkat kepuasan lebih tinggi pada pasien kelas 2 dibanding kelas 3. Selanjutnya hubungan antara variabel menggunakan analisis verifikatif menunjukkan tidak ada hubungan antara Dukungan Organisasi, Kebijakan Retensi, dan Remunerasi dengan Pemasaran Interaktif baik secara parsial ataupun simultan. Sedangkan antara Pemasaran Interaktif dengan Kepuasan Pasien didapatkan hubungan pengaruh. Oleh karena itu, untuk peningkatan kepuasan masyarakat berfokus pada meningkatkan kemampuan pemasaran interaktif perawat. Kata kunci : Pemasaran Internal, Pemasaran Interaktif, Kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 31 Oct 2017 07:01
Last Modified: 31 Oct 2017 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31718

Actions (login required)

View Item View Item