STRATEGI PEMASARAN TAMAN HUTAN IR. H DJUANDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATAWAN (Studi Pada Pemanfaatan Media Sosial Berbasis Internet Sebagai Sarana Promosi)

RATU RATNA MULYATI KARSIWI, NPM. 158020027 (2017) STRATEGI PEMASARAN TAMAN HUTAN IR. H DJUANDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATAWAN (Studi Pada Pemanfaatan Media Sosial Berbasis Internet Sebagai Sarana Promosi). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK_RATU RATNA MULYATI K_MM.docx

Download (28kB)

Abstract

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sebagai hutan konservasi memiliki potensi yang besar sebagai daerah tujuan wisata alam, karena terdapat beberapa daya tarik wisata dalam satu kawasan. Data jumlah kunjungan wisatawan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda memperlihatkan bahwa masih terdapat beberapa bulan rendah kunjungan, baik dari wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis lingkungan internal dan eksternal Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda serta menentukan strategi pemasaran melalui pemanfaatan media sosial berbasis internet sebagai sarana promosi dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan terlebih dahulu melakukan penyusunan faktor-faktor internal dan eksternal dan Matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Hasil penelitian berdasarkan Analisis Internal-Eksternal memperlihatkan bahwa posisi strategis Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda berada pada sel ke V (lima) dengan jenis strategi menjaga dan mempertahankan (hold and maintain) melalui penetrasi pasar (market penetration) dan pengembangan produk (product development). Analisa SWOT menghasilkan beberapa strategi yang dapat dikelompokkan ke dalam penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil penelitian ini merumuskan strategi pemasaran Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dengan pemanfaatan media sosial berbasis internet. Penggunaan media sosial berbasis internet sebagai sarana promosi diimplementasikan dalam strategi Segmenting, Targeting dan Positioning (STP) dan Bauran Pemasaran Pariwisata 8-P. Peningkatan promosi dimasa yang akan datang adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Kata Kunci : Analisis Internal-Eksternal, Media Sosial Berbasis Internet, STP dan Bauran Pemasaran Pariwisata 8-P.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Oct 2017 04:18
Last Modified: 28 Oct 2017 04:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31638

Actions (login required)

View Item View Item