IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUTENTIK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA AL-BASHRIYAH

AAN MELIA, NPM : 158060055 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUTENTIK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA AL-BASHRIYAH. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
AAN AMELIA.docx

Download (67kB)

Abstract

AAN MELIA. 2017. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUTENTIK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASIMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIKDI SMA AL-BASHRIYAH”.Magister Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini mengkaji tentang, Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik dan perbedaan antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran autentik dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, serta hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kemandirian belajar peserta didik.Penarikan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, yang mana seluruh anggota populasi menjadi sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA I SMA Al-Bashriyah Cicurug yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen tes kemampuan representasi matematis, angket kemandirian belajar peserta didik, pedoman observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rerata yaitu uji-t dan uji persamaan dua rata-rata yaitu uji Mann-Whitney (kuatitatif) dan analisis deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran autentik dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik secara signifikan; 2) Model pembelajaran autentik tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemandirian belajar peserta didik; 3) Kemampuan representasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran autentik lebih baik dibanding peserta didik yang mendapat pembelajaran ekspositori; 4) Tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar peserta didik antara yang mendapatkan model pembelajaran autentik dengan yang mendapatkan pembelajaran ekspositori; 5) Terdapat hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kemandirian belajar peserta didik; 6) Aktivitas peserta didik dan guru dalam pembelajaran autentik terlihat lebih baik. Pada kegiatan pembelajaran peserta didik sudah mampu menerapkan konsep matematis kedalam permasalahan dari dunia nyata serta guru menempatkan dirinya sebagai fasilitator. Kata Kunci : Pembelajaran, Representasi, Kemandirian, Autentik, Model.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 28 Oct 2017 02:12
Last Modified: 28 Oct 2017 02:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31627

Actions (login required)

View Item View Item