Irfan Pernandi, NPM : 148080019 (2017) POLA KOMUNIKASI PENDIDIKAN PESANTREN SALAFIYAH STUDI KAJIAN INTERAKSIONISME SIMBOLIK PONDOK PESANTREN MISBAHULKHOIR BOJONG PURWAKARTA. Thesis(S2) thesis, Unpas.
Text
ARTIKEL IRfan PErnandi.docx Download (52kB) |
Abstract
Pondok pesantren salafiyah merupakan sebuah fenomena lembaga pendidikan tradisional sebagai satu kesatuan yang utuh dari tata nilai dan budaya yang memberikan cara pandang dan tradisi yang unik dan tersendiri. Keunikan dari pondok pesantren salafiyah inidiwakili oleh keberadaan simbol-simbol beserta pemaknaanya. Pemaknaan yang dilakukan oleh warga pondok yang terdiri dari santri, ustad, dan kyai, memberikan cara pandang yang sarat akan makna. Makna yang dihasilkan dari interpretasi terhadap simbol-simbol yang hadir dalam interaksi, maupun makna hidup yang dituangkan dalam pola komunikasi pendidikan pesantren salafiyah. Tujuan dari penelitian untuk mendapatkan gambaran santri, ustad, dan kyai dalam memahami konsep diri, pemaknaan objek-objek simbolik, pemaknaan tindakan simbolik, dan pemaknaan bersama diantara warga pondok.Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik Herbert Blumer dengan pendekatan penelitian kualitatif metode konstruktivime serta dengan menggunakan Introspeksi Simpatetik dalam konsep analisanya. Hasil penelitian menunjukan konsep diri membentuk pemaknaan terhadap objek-objek simbolik baik objek fisik maupun non fisik yang diterapkan dalam tindakan simbolik sehingga terbentuk pemaknaan bersama sebagai pola komunikasi pondok pesantren salafiyah. Kata kunci :interaksionisme simbolik, pesantren, dan salafiyah
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 02:47 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 02:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31588 |
Actions (login required)
View Item |