KAJIAN KORELASI KONSENTRASI PELARUT ETANOL DAN VARIASI pH TERHADAP EKSTRAK KAROTENOID PADA BUAH CAMPOLAY (Pouteria campechiana) SEBAGAI ZAT PEWARNA ALAMI

HENDRUE NURFALAH, 133020037 and ELA SUTRISNO, DS and Hervelly, DS (2017) KAJIAN KORELASI KONSENTRASI PELARUT ETANOL DAN VARIASI pH TERHADAP EKSTRAK KAROTENOID PADA BUAH CAMPOLAY (Pouteria campechiana) SEBAGAI ZAT PEWARNA ALAMI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi pelarut etanol dan variasi pH terhadap ekstrak karotenoid dari buah campolay, serta menentukan konsentrasi dan pH terbaik pada etanol untuk digunakan sebagai pelarut untuk memperoleh ekstrak karotenoid pada buah campolay. Manfaat penelitian ini yaitu untuk memperoleh zat pewarna alami yang terdapat pada buah campolay yang kemudian dapat diaplikasikan kedalam produk pangan yang aman untuk dikonsumsi dan tidak mencemarkan produk pangan. Penelitian terbagi menjadi dua yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan yaitu mengetahui pengaruh konsentrasi pelarut etanol (50%, 70%, dan 95%) terhadap karakteristik ekstrak karotenoid dari buah campolay terhadap respon fisik dan respon kimia. Penelitian utama yang dilakukan yaitu konsentrasi etanol terbaik ditambahkan dengan asam sitrat untuk mengetahui pengaruh variasi pH (4,3 dan 2) terhadap karakteristik ekstrak karotenoid dari buah campolay terhadap respon fisik dan respon kimia. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa konsentrasi etanol terbaik berdasarkan pada respon fisik dan respon kimia yaitu etanol dengan konsentrasi 95% dimana ekstrak karotenoid yang diperoleh dengan konsentrasi tersebut paling pekat dan mendekati nilai Rf dari standard karotenoid, serta berdasarkan grafik linier sederhana pada penelitian pendahuluan diperoleh hasil bahwa konsentrasi etanol sangat berkorelasi terhadap karakteristik ekstrak karotenoid dari buah campolay. Sedangkan pada penelitian utama diperoleh hasil bahwa variasi pH tidak begitu berkorelasi terhadap karakteristik ekstrak karotenoid dari buah campolay berdasarkan pada grafik linier sederhana, serta pH yang paling optimal untuk mengekstrak karotenoid pada buah campolay yaitu pada pH 3. Kata kunci : campolay, etanol, asam sitrat, ekstraksi, karotenoid.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:09
Last Modified: 17 May 2022 03:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31564

Actions (login required)

View Item View Item