Implementasi Load Balancing Menggunakan Metode Failover Dengan Routing OSPF (Open Shortest Path First) (Studi Kasus : Universitas Pasundan)

DWI ANGGA GUMELAR, 133040241 and Doddy Ferdiansyah, DS (2017) Implementasi Load Balancing Menggunakan Metode Failover Dengan Routing OSPF (Open Shortest Path First) (Studi Kasus : Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1 Cover_133040241.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_133040241.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_133040241.pdf

Download (45kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Universitas Pasundan merupakan instansi perguruan tinggi yang bergerak dibidang pendidikan yang dalam praktiknya telah mengimplementasikan pemanfaatan terknologi informasi untuk mendukung kegiatan perkuliahan di kampus Universitas Pasundan. Pada era teknologi sekarang ini, arus informasi bergulir sangat cepat. Teknologi jaringan sering digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti pengiriman data, file sharing dan lain sebagainya. Pada infrastruktur jaringan Universitas Pasundan terdapat jaringan lokal antar router, pada jaringan ini klien bisa mengakses server tanpa harus terhubung ke jaringan internet dengan syarat klien harus menggunakan jaringan lokal yaitu dengan menggunakan jaringan yang ada di Universitas Pasundan. Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta atau yang menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan atau mengirim layanan disebut pelayan (server). [ADI11] Penelitian ini dilakukan untuk dapat membantu mengurangi masalah yang suatu saat mungkin dapat terjadi pada infrastruktur jaringan komputer Universitas Pasundan terutama dalam routing di jaringan lokal antar router. Sehingga dapat meminimalisisr terjadinya disconnect atau terputusnya link pada jaringan lokal antar router Universitas Pasundan. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur dan melakukan eksplorasi, serta konsep-konsep jaringan komputer load balancing ECMP dengan routing OSPF. Selanjutnya dilakukan analisis-analisis untuk mengetahui faktor-faktor yang relevan untuk mendukung implementasi load balancing ECMP dengan routing OSPF di jaringan lokal antar router Universitas Pasundan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah implementasi jaringan komputer load balancing ECMP dengan routing OSPF yang di implementasikan di jaringan lokal antar router Universitas Pasundan. Kata kunci : Jaringan lokal antar router Universitas Pasundan, Load Balancing, ECMP, Routing, OSPF, Failover

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 26 Oct 2017 06:41
Last Modified: 26 Oct 2017 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31558

Actions (login required)

View Item View Item