Analisis Cognitive Ergonomic Dominasi Otak Calon Wisudawan Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk menentukan Personal Job Performance (Studi Kasus HBTS Center Fakultas Teknik Universitas Pasundan)

MILA FATMAWATI, 133010128 and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS and Wahyu Katon, DS (2017) Analisis Cognitive Ergonomic Dominasi Otak Calon Wisudawan Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk menentukan Personal Job Performance (Studi Kasus HBTS Center Fakultas Teknik Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I CANTIK.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MILAFATMAWATI_133010128.pdf

Download (413kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Otak manusia dibagi menjadi 4 area, yaitu otak kiri bagian depan, otak kiri bagian belakang, otak kanan bagian depan, dan otak kanan bagian belakang. Empat bagian otak tersebut memiliki jenis pola pikir yang berbeda-beda. Manusia terlahir memiliki salah satu dominasi otak yang kuat. Hal ini disebut dengan dominasi otak. Ketika seseorang memiliki kesesuaian dengan kemampuan area dominasi otak yang dimilikinya, maka dalam melakukan rutinitas akan merasa mudah, nyaman dan tidak melelahkan. Dalam dunia kerja kesesuaian dengan dominasi otak sangat penting, sehingga dapat memberikan produktivitas kerja yang tinggi dalam upaya mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Menurut ergonomi kognitif, proses kognitif merupakan proses manusia memperoleh pengetahuan tentang dunia yang meliputi proses berpikir, belajar, menangkap, mengingat, dan memahami. Sedangkan menurut psikolog kognitif, kognitif merupakan cara menentukan kecerdasan (pikiran), afektif berurusan dengan emosi (perasaan) dan konatif menentukan bagaimana seseorang bertindak pada pikiran dan perasaan tersebut. Penelitian ini dilakukan di laboratorim U-BT Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung dengan menggunakan perangkat personal profile assessment software Human Brain Thinking Style’s (HBTS). Sistem HBTS ini meliputi pertanyaan dan pernyataan yang berhubungan dengan masa anak-anak/remaja dan masa dewasa untuk menentukan kondisi dominan pada otak. Dari hasil analisis yang dilakukan, hipotesa yang berbunyi Fakultas Teknik (FT) memiliki otak dominan pada kuadran kiri dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada kuadran kanan sesuai dengan hasil pengolahan data. Serta dapat mengetahui kekonsitenan terhadap dominasi otak calon wisudawan gelombang I dan gelombang II ada periode 2016-2017. Kata kunci : Ergonomi Kognitif, Psikologi Kognitif, Dominasi Otak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 24 Oct 2017 08:24
Last Modified: 24 Oct 2017 08:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31475

Actions (login required)

View Item View Item