Usulan Perencanaan Jadwal Induk Produksi (JIP) Serta Rough Cut Capacity Planning (RCCP) Untuk Produk Alat Suntik Sekali Pakai Auto Distruck Pada PT. Mitra Rajawali Banjaran

RIA ELISABET TAMPUBOLON, 133010058 and Edi Gunadi, DS and Dedeh Kurniasih, DS (2017) Usulan Perencanaan Jadwal Induk Produksi (JIP) Serta Rough Cut Capacity Planning (RCCP) Untuk Produk Alat Suntik Sekali Pakai Auto Distruck Pada PT. Mitra Rajawali Banjaran. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. COVER RIA ELISABET 133010058.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I - MRB RET.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak ria elisabet tampubolon 133010058.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian studi kasus ini dilakukan pada PT. Mitra Rajawali Banjaran yang memproduksi alat suntik sekali pakai auto distruck atau istilah lainnya yaitu otomatis patah pada saat setelah digunakan, ASSP ADS yang diproduksi berukuran 0,5 ml, 3ml,. Dan 5ml. Dari kendala yang dialami PT. MRB ini, demand yang berfluktuasi, sehingga dapat menimbulkan masalah persediaan produk, jika terlalu banyak persediaan akan mengakibatkan biaya yang keluar terlalu besar, namun jika kekurangan persediaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen perusahaan akan mengalami kerugian karena tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Selama ini perusahaan hanya melakukan penambahan atau pengurangan hari atau jam kerja saat adanya lonjakan permintaan atau demand yang berfluktuasi tanpa mempertimbangakan terlebih dahulu fasilitas atau sumber daya yang dimiliki secara efisien, maka sangat dibutuhkan perencanaan penjadwalan produksi dan kapasitas produksi yang dimiliki agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar. Perencanaan penjadwalan produksi (Master Production schedule / MPS) sangat penting bagi keberlangsungan proses produksi sebuah perusahaan, peranan yang dilakukan dalam perencanaan produksi terlihat dalam perencanaan atau peramalan jumlah permintaan produk dimasa yang akan datang. Jumlah permintaan produk ini pun yang mempengaruhi penjadwalan produksi, hingga perencaaan pengadaan kapasitas produksi (Rough Cut Capacity Planning). Jumlah produksi selama satu tahun kedepan unutk produk ASSP ADS yaitu 811774 unit dan itu merupakan ukuran dalam lot, sedangkan dalam satu lot yaitu berjumlah 36 pcs, maka dari itu total jumlah produksi sebanyak 29.223.864 pcs. Pada perencanaan apasitas RCCP, work center 1 (pembntukan) dan work center 2 (printing) mengalami kekurangan kapasitas, karena perusahaan sudah bekerja 24 jam (3 shift), maka dari itu penambahan kapasitas produksi (jam kerja) dilakukan lembur pada tanggal merah hari libur nasional, dan melakukan lembur untuk produksi ASSP ADS 5ml, karena ASSP ADS 5ml memiliki waktu proses terlama. Kata Kunci : Peramalan, Rencana Produksi, Master Production Schedule (MPS), Rough Cut Capacity Planning (RCCP).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 24 Oct 2017 06:51
Last Modified: 24 Oct 2017 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31456

Actions (login required)

View Item View Item