PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PENINGKATAN MUTU LAYANAN RUMAH SAKIT (Studi pada Rumah Sakit Santo Borromeus Kota Bandung)

ROMA AVE MARIA, NPM : 158 020 212 (2017) PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PENINGKATAN MUTU LAYANAN RUMAH SAKIT (Studi pada Rumah Sakit Santo Borromeus Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel, Jurnal, 2017_ROMA AVE MARIA.doc

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Sebagai Salah Satu Strategi Peningkatan Mutu Layanan Rumah Sakit. Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai faktor faktor yang menjadi kendala dalam implementasi SIMRS di RS Santo Borromeus Kota Bandung diharapkan pihak manajemen dapat mengendalikan atau mencari langkah langkah untuk menghilangkan kendala tersebut sehingga tujuan dari implementasi SIMRS dapat tercapai. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan wawancara disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit pada Rumah Sakit Santo Borromeus Kota Bandung berdasarkan pada empat pilar sistem informasi yaitu 1). Technoware / perangkat pengolahan data, 2). Komponen fisik: hardware, software, 3). Humanware / personal, 3). Infoware / data, dan 4). Organiware / prosedur. Hambatan dalam penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit pada Rumah Sakit Santo Borromeus Kota Bandung terdiri dari Faktor sumber daya manusia meliputi karakteristik SDM, pengetahuan mengenai teknologi/komputer dan ketrampilan dalam penggunaan komputer. Faktor teknis meliputi perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), koneksi jaringan. Faktor saluran komunikasi meliputi sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan Faktor manajemen meliputi struktur organisasi, SOP, kebijakan berperan dalam keberhasilan implementasi sistem informasi rumah sakit Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), Layanan Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Oct 2017 02:34
Last Modified: 26 Oct 2017 04:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31425

Actions (login required)

View Item View Item