ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN KLINIK IBNU SINA GUNA MENINGKATKAN ANGKA KUNJUNGAN PASIEN

YANTI FADILLAH, NPM. 158020150 (2017) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN KLINIK IBNU SINA GUNA MENINGKATKAN ANGKA KUNJUNGAN PASIEN. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
YANTI FADILLAH-MM.docx

Download (112kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “ Analisis Strategi Pengembangan klinik Ibnu Sina guna Meningkatkan angka Kunjungan Pasien “. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisa faktor lingkungan eksternal dan internal, peluang, ancaman, kekuatan, kelemahan yang ada di klinik Ibnu sina, kondisis implementasi Strategi yang sekarang ada di Klinik Ibnu Sina, merancang strategi pengembangan pelayanan kesehatan dan menyusun program dan kegiatan di klinik Ibnu Sina sesuai strategi pemasaran yang dirancang sehingga dapat bersaing dengan layanan kesehatan di wilayah kerjanya. Hasil penelitian diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen Administrasi Rumah Sakit. Bagi departemen terkait maupun praktisi, dan diharapkan dapat memberikan informasi tentang pentingnya strategi pengembangan klinik swasta khususnya klinik Ibnu sina guna meningkatkan mutu pelayanan dan kunjungan pasien. Penelitian dilakukan di Klinik Ibnu Sina Solokan jeuk. Metode penelitiannya menggunakan metode survey dengan pendekatan penelitian kualitatif dan tipe penelitiannya berupa Descriptive Research yang mencerminkan gambaran dari suatu keadaan pada saat tertentu sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis IE (Internal- eKsternal), Analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threat ) dan Metode Delphi. dengan menggunakan analisis SWOT sebagai langkah awal untuk identifikasi berbagai faktor internal dan faktor eksternal secara sistematik sehingga didapat posisi strategis Klinik kemudian digunakan matriks SWOT dalam merumuskan strategi serta menyusun program dan kegiatan untuk meningkatkan layanan kesehatan di Klinik Ibnu Sina. Hasil penelitian ini didapatkan peluang yang terbesar, Ancaman yang terkecil, Kekuatan yang tertinggi dan kelemahan yang terendah. Dan kesimpulannya berupa Program yang akan dilaksanakan dari alternatif strategi yang telah ditentukan mengacu pada bauran pemasaran jasa (marketing mix) yang merupakan kombinasi variabel atau kegiatan inti dari salah satu sistem pemasaran dalam pengembangan klinik, variabel tersebut dapat dikendalikan oleh klinik untuk mempengaruhi tanggapan pasien dalam pasar sasarannya sehingga bisa diimplementasikan sebagai strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien di klinik Ibnu sina . Kata Kunci : Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Bauran Pemasaran

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:54
Last Modified: 23 Oct 2017 08:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31409

Actions (login required)

View Item View Item