Analisis Keseimbangan Lintasan Produksi (Studi Kasus Lini Produksi Mobilio PT. Honda Prospect Motor Karawang).

TRI PUSPITA SARI, 133010142 and Sutarman, DS and Agus Purnomo, DS (2017) Analisis Keseimbangan Lintasan Produksi (Studi Kasus Lini Produksi Mobilio PT. Honda Prospect Motor Karawang). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SIDANG.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin kompetitif dihadapi oleh semua pelaku bisnis. Setiap perusahaan perlu untuk senantiasa melakukan inovasi dalam berbagai bidang, termasuk bidang operasional. Konsep penyeimbangan lini merupakan konsep yang berupaya melakukan penyeimbangan dalam lini produksi agar tercipta kelancaran dalam suatu sistem produksi, dengan cara mengelompokkan berbagai tugas produksi ke dalam beberapa stasiun kerja dengan memperhatikan keseimbangan waktu. PT. Honda Prospect Motor Karawang sebagai salah satu perusahaan otomotif di Indonesia. Saat ini perusahaan sedang mengalami peningkatan kapasitas produksi. Order dari konsumen setiap bulannya meningkat, yang mengakibatkan kapasitas produksi berada pada level maksimum. Pada level ini apabila masih terdapat peningkatan order maka proses produksi yang ada sudah tidak normal. Pengamatan di lapangan menunjukkan proses produksi belum berjalan dengan baik sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan lintasan. Untuk memperbaiki hal tersebut, maka dilakukan proses line balancing. Proses line balancing dilakukan dengan metode Largest Candidate Rule, Ranked Positional Weight, dan Optimized Best Bud Search dengan menggunakan software WinQSB. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa metode yang terpilih yaitu dengan Optimized Best Bud Search yang dihitung dengan software WinQSB menghasilkan rancangan keseimbangan lintasan terbaik, dengan tingkat performansi balance delay sebesar 22.83%, total idle time in second 81.77 dan jumlah stasiun kerja berjumlah 9. Kata kunci :Line Balancing, Largest Candidate Rule (LCR), Ranked Positional Weight (RPW).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:54
Last Modified: 23 Oct 2017 02:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31378

Actions (login required)

View Item View Item