31-07-2017 PEMBUATAN APLIKASI WEB UNTUK MENDUKUNG PENYUSUNAN KURIKULUM BERBASIS KUALIFIKASI KERANGKA NASIONAL INDONESIA( STUDI KASUS : PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG)

RIZAL NOER HAMDAN, 143040261 and Ririn Dwi Agustin, DS and Sandhika Galih Amalga, ds (2017) 31-07-2017 PEMBUATAN APLIKASI WEB UNTUK MENDUKUNG PENYUSUNAN KURIKULUM BERBASIS KUALIFIKASI KERANGKA NASIONAL INDONESIA( STUDI KASUS : PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Program Studi (prodi) Teknik Informatika Universitas Pasundan (Unpas) menggunakan Kurikulum berbasis KKNI yang melibatkan data capaian pembeljaran, mata kuliah, silabus, dan RPS. Prodi harus bertanggungjawab agar kurikulum tersebut berjalan sedangkan data-data dari komponenkomponen tersebut banyak tetapi data-data yang terkait kurikulum belum dipusatkan (server) sehingga tabel-tabelnya belum memiliki relasi. Oleh karena itu, Tim Kurikulum Prodi Teknik Informatika Unpas memerlukan media yang dapat membantu dalam pengelolaan kurikulum dan media tersebut belum dimiliki. Pemanfaatan teknologi web dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Aplikasi web dapat digunakan dimana saja sehingga penggunaannya dapat mengerjakan tanpa terbatas ruang. Komponen yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi web yaitu database, PHP-Codeigniter, dan Bootstrap. Ketiga komponen tersebut diperlukan dalam pembuatan aplikasi web untuk membantu pengelolaan data kurikulum berbasis KKNI. Kemampuan database diperlukan untuk pengelolaan atau pemanipulasi data. Pemanfaatan PHP-Codeigniter diperlukan untuk membangun platform web sebagai penghubung antara pengguna dan sistem. Bootstrap diperlukan untuk memberikan kemampuan bagi aplikasi web agar dapat menyesuaikan dengan layar. Selain itu, Bootstrap membantu penulis untuk aplikasi web karena menyediakan komponen-komponen dasar web dan penulis hanya menyesuaikan tampilan sesuai kebutuhan. Aplikasi Web Pengelolaan Kurikulum KKNI ini masih bersifat prototype sehingga masih dapat dikembangkan lagi sesuai kebutuhan kurikulum. Selain itu, proses bisnis kurikulum di perguruan tinggi bersifat rumit sehingga memerlukan ide untuk membangun aplikasi web ini. Aplikasi ini sudah mendukung dalam pembuatan serta pengelolaan mata kuliah baru, capaian pembelajaran, silabus, RPS, dan SKPI. Sistem ini mampu mencetak silabus. Adanya aplikasi ini dapat membantu Tim Kurikulum dalam pengelolaan data kurikulum. Kata kunci : KKNI, Mata Kuliah, Silabus, RPS, Capaian Pembelajaran, Codeigniter, Bootstrap

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:47
Last Modified: 23 Oct 2017 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31377

Actions (login required)

View Item View Item