PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGEMBANGKAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMA

WIDA FARIDA, NPM. 158060011 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGEMBANGKAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL WIDAFARIDA.158060011.docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model cooperative learning tipe team assisted individualization (TAI) yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis serta mengembangkan self efficacy peserta didik dalam pelaksanaan belajar maupun hasil dari proses pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalahmixed methods (dipadukan secara kualitatif dan kuantitatif pada pengkorelasian antara variabel), dengan convergen design di mana peneliti secara bersamaan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif, dan kemudian menafsirkan hasilnya bersama-sama untuk memberikan pemahaman yang lebih baik. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan penalaran dan komunikasi, angket self efficacy, lembar observasi guru dan peserta didik, juga wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak Sembilan kali pertemuan di kelas XI MIPA SMA Al Falah Kota Bandung menunjukkan bahwa : 1) penerapan model cooperative learningtipe Time Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik; 2) penerapan model cooperative learning tipe Time Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik; 3) kemampuan penalaran dan komunikasi matematis selama pembelajaran berlangsung dapat diatasi dengan baik, dan ada peningkatan pada setiap pertemuan; 4) perkembangan self-eficacy peserta didik selamaproses pembelajaran matematika dengan penerapan model cooperative learningtipe Time Assisted Individualization(TAI)berada pada kategori sedang, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan dimensi magnitude, strength, dan generality; 5) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis dengan self efficacy peserta didik; 6) kendala yang dihadapi peserta didik dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematis bisa diatasi dalam batas pencapaian kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan pada awal penelitian dan didakan evaluasi dalam setiap pertemuannya. Model cooperative learning tipe team assisted individualization (TAI) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan matematis terutama dalam memecahkan masalah matematika, karena dengan diskusi bisa meningkatkan kemampuan peserta didik serta merasa yakin dapat menyelesaikannya. Kata Kunci :Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Penalaran, Model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI), Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Oct 2017 04:06
Last Modified: 02 Jun 2018 01:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31344

Actions (login required)

View Item View Item