PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KARYAWAN DAN KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi kasus pada Divisi Polyester PT. Indo-Rama Synthetics Tbk Purwakarta

WIWIN SUHADA, NPM. 138020223 (2017) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KARYAWAN DAN KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi kasus pada Divisi Polyester PT. Indo-Rama Synthetics Tbk Purwakarta. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Naskah Artikel Jurnal Tesis Wiwin Suhada MM Unpas Okt 2017.rtf

Download (2MB)

Abstract

Budaya organsiasi terlibat dalam pengasuhan dan peran kehidupan pribadi dalam berorganisasi, motivasi karyawan merupakan aspek integral dari penerapan pelatihan, kepemimpinan partisipatif adalah model yang kuat dalam berkomunikasi tentang tujuan dan prioritas umum pada organisasi. Ketiga variabel ini berperan penting dalam meningkatkan kinerja karyawan untuk mendukung tujuan organisasi. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kinerja karyawan masih rendah yang diduga dipengaruhi oleh variabel budaya organisasi, motivasi karyawan, dan kepemimpinan partisipatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan pendekatan korelasional yang menghubungkan satu variabel dengan variabel yang lain, untuk memahami suatu fenomena dengan cara menentukan derajat hubungan di antara variabel-variabel tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan dari variabel bebas (budaya organisasi, motivasi karyawan, dan kepemimpinan partisipatif) terhadap variabel terikat (kinerja karyawan). Analisis yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Analisis deskriptif variabel budaya organisasi termasuk dalam kriteria sangat baik, variabel motivasi karyawan termasuk dalam kriteria baik, kepemimpinan partisipatif termasuk dalam kriteria baik, dan kinerja karyawan termasuk dalam kriteria baik. Hipotesis yang dilakukan pada analisis verifikatif menggunakan metode analisis jalur. Hasil yang diperoleh adalah: 1) terdapat pengaruh yang signifikan dari budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, dengan total pengaruh sebesar 39,3%, 2) terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi karyawan terhadap kinerja karyawan, dengan total pengaruh sebesar 17,2%, 3) terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja karyawan, dengan total pengaruh sebesar 17%, dan terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara budaya organisasi, motivasi karyawan, dan kepemimpinan partisipatif dengan kinerja karyawan dengan keeratan hubungan sebesar 73,5%. Kata kunci : Budaya Organisasi, Motivasi Karyawan, Kepemimpinan Partisipatif, dan Kinerja Karyawan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Oct 2017 03:35
Last Modified: 21 Oct 2017 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31339

Actions (login required)

View Item View Item