PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI JURISPRUDENSIAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI. (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN 184 Buahbatu Kecamatan Buahbatu Kota Bandung)

AANG SAEFUL ANWAR, 135060308 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI JURISPRUDENSIAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI. (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN 184 Buahbatu Kecamatan Buahbatu Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa subtema Keberagaman Makananku Sehat dan Bergizi melalui model inkuiri Jurisprudensial. Model Inkuiri Jurisprudensial adalah model mengajari siswa secara sistematis dan kritis terhadap isu-isu yang sedang hangat di mayarakat, selanjutnya siswa menyeleseikan masalah tersebut secara mandiri untuk menemukan pengetahuan baru. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial yang terdiri dari 6 tahap, yaitu identifikasi masalah, stimulation atau rangsangan, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes berupa Pre test dan Pos test untuk mengetahui pengetahuan Siswa, penilaian Motivasi belajar Siswa dengan menggunakan lembar observasi Siswa, lembar observasi dokumen guru/Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Kinerja Guru untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan model Inkuiri Jurisprudensial pada penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata yang terlihat dari hasil belajar siswa serta observasi guru. Pada penilaian pengetahuan dengan melakukan pretest dan postest, nilai rata-rata siklus I yaitu pretest 65,5 dan pos test 65,5, nilai rata-rata siklus II yaitu pre test dan pos test 67,8 dan nilai rata-rata siklus III yaitu pretest 89,1 dan postest 89,1. Nilai rata-rata Pada penilaian sikap santun dan peduli Siklus I yaitu 71,25 dan 70, Siklus II yaitu 70,12 dan 85,2 serta siklus III yaitu 98 dan 97,4. Dan nilai rata-rata pada penilaian Motivasi siklus I yaitu 36,43 siklus II yaitu 64,54 dan siklus III yaitu 85,78. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Makananku sehat dan Bergizi Kelas IV SDN Buahbatu Kecamatan Buahbatu Kota Bandung. Kata kunci : Inkuiri Jurisprudensial, hasil belajar, Motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2017 02:49
Last Modified: 21 Oct 2017 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31274

Actions (login required)

View Item View Item