STUDI JENIS-JENIS IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN BERDASARKAN JARAK TANGKAP DI PANTAI BAHAGIA KECAMATAN MUARA GEMBONG KABUPATEN BEKASI

GABRILA KARAMA ARSYADI, 135040118 (2017) STUDI JENIS-JENIS IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN BERDASARKAN JARAK TANGKAP DI PANTAI BAHAGIA KECAMATAN MUARA GEMBONG KABUPATEN BEKASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Studi tentang jenis-jenis ikan hasil tangkapan nelayan telah dilakukan di Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Jenis ikan yang dihasilkan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan sangat beragam, sesuai jarak yang ditempuh ketika melaut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis ikan yang tertangkap oleh nelayan dan pengaruh jarak tangkap yang ditempuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif bersifat survey. Telah teridentifikasi sebanyak 12 jenis ikan terdiri dari: 5 Ordo, 9 Famili, 12 Genus dan 12 Spesies. Ke 12 jenis tersebut yaitu: Restrelliger sp. (Kembung), Scoberomorus commerson (Tenggiri), Eutynnus sp. (Tongkol), Pennahia anea (Samgeh), Otolithes ruber (Gulamah/Tigawaja), Lutjanus vitta (Kakap merah), Eleutheronema tetradactylum (Kuro), Pomadasys maculatus (Gerot-gerot), Trichiurus lepturus (Layur), Plotosus abbreviatus (Sembilang), Arius thalassinus (Manyung), Muraenasox talabon (Remang). Ikan yang paling sering ditemukan yaitu samgeh Pennahia anea (Ikan Samgeh) dan Eleutheronema tetradactylum (Ikan Kuro) dari Ordo Perciformes. Di Pantai Bahagia nelayan menangkap ikan menggunakan kapal berjenis mesin >5 GT dengan jarak melaut yaitu sekitar 500 meter sampai dengan 2 mil dari pantai. Jarak optimal wilayah yang menunjukkan banyak ikan yaitu sekitar 5- 7 mil. Musim tangkap tertinggi dari semua jenis ikan yaitu pada bulan Januari sedangkan musim tangkapan terendah yaitu pada bulan November dan Desember. Kata kunci : Jenis ikan, Jarak tangkap, Tempat Pelelangan Ikan, Pantai Bahagia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2017 01:54
Last Modified: 21 Oct 2017 01:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31214

Actions (login required)

View Item View Item