ULFAKH INDRIANI, 135040027 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR FLEKSIBEL SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT bhs.inggris.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bhs.sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bhs.indonesia.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir fleksibel siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada kemampuan berpikir fleksibel. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 2 di SMA Negeri 20 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 35 orang. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian aspek kognitif mendapat nilai N-Gain 0,55 dengan kategori sedang, penilaian pada aspek afektif mendapat jumlah rata-rata 83 dengan kategori baik, penilaian pada aspek psikomotor medapat jumlah rata-rata 82 dengan mencapai kategori baik, dan penilaian angket sikap dan tanggapan siswa menunjukkan ratarata keseluruhan 85% dengan kategori hampir seluruhnya. Hasil uji korelasi aspek kognitif dengan aspek afektif memiliki nilai koefesien korelasi 0.398 dengan signifikansi 0,018 < 0,05, aspek afektif dengan aspek psikomotor memiliki nilai koefesien korelasi 0.662 dengan signifikansi 0,00 < 0,05, dan aspek psikomotor dengan aspek kognitif memiliki nilai koefesien korelasi 0.820 dengan signifikasi 0,00 < 0,05, maka Ha diterima atau semakin tinggi nilai aspek kognitif maka semakin tinggi nilai aspek afektif dan psikomotor siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir fleksibel siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Kata kunci: Problem based learning, habits of mind, kemampuan berpikir fleksibel, pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 08:46 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 03:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31148 |
Actions (login required)
View Item |